LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memastikan jika Ridwan Kamil yang didukung maju di Pilgub Jawa Barat 2018, belum memiliki kartu anggota partainya. Pun, Surya paloh juga melarang Wali Kota Bandung itu jadi anggota partai manapun.

“Supaya dia lebih fokus. Sekarang dia belum ada partainya. Fokus saja atur, saya pikir itu baik,” kata Surya seusai menghadiri deklarasi dukungan terhadap Ridwan Kamil di Lapangan Tegalega, Bandung, Minggu (19/3/2017).

Syarat ini merupakan salah satu dari tiga syarat yang diajukan Surya Paloh saat mendukung Ridwan Kamil jadi calon gubernur Jabar tahun depan. Syarat yang lain yaitu harus bisa menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat Jawa Barat jika terpilih, dan yang kedua ialah harus mampu mengonsolidasikan roda pemerintahan di bawah kewenangannya.

Adapun soal siapa calon wagub yang akan digandeng, Surya Paloh memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Ridwan Kamil. “Itu terserah dia, yang jadi gubernur kan Kang Emil. Nanti Kang Emil pikir-pikirlah kapan waktu dianggap tepat untuk mengutarakannya,” ucap Surya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Jabar Saat Mustopa juga menegaskan dukungan partainya tanpa mahar. Hal ini dilakukan Nasdem untuk menghindari praktik korupsi akibat mahalnya biaya politik.

“Ini disadari sungguh-sungguh, berdasar pengalaman salah satu kepala daerah melakukan perbuatan tercela akibat biaya politik yang tinggi salah satu komponennya mahar politik. Kita ingin mengurangi beban politik para pemimpin daerah,” katanya.@bbs/licom