Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pelunasan BPIH diperkirakan mulai April
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (ISTIMEWA)
HEADLINE DEMOKRASI

Pelunasan BPIH diperkirakan mulai April 

LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah telah menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1437H/2017M dan diperkirakan pelunasan dimulai bulan April mendatang. Yaitu setelah ada ada kesepakatan antara Kemenag dan Komisi VIII DPR, yang dilanjutkan dengan penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) tentang BPIH untuk kemudian dilakukan pelunasan.

Keluarnya Keppres, akan menandai dimulainya pelunasan BPIH oleh calon jemaah yang ditetapkan berangkat pada tahun ini. “Kami perkirakan sudah akan kita buka pada awal April, 3 April selama satu bulan ke depan,” terang Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Jika Keppres BPIH benar diterbitkan pada awal April mendatang, maka itu jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pada tahun 2016, Keppres BPIH ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Mei 2016.

Setelah melalui serangkaian pembahasan selama beberapa bulan, Kemenag bersama Komisi VIII DPR bersepakat bahwa BPIH tahun ini dengan rata-rata sebesar Rp34.890.312. Oleh karena pada saat mendaftar calon jemaah sudah menyetorkan anggaran senilai Rp25juta, maka pada tahap pelunasan mereka tinggal membayarkan sisanya, yaitu Rp9.890.312.

Seperti tahun lalu, Menag mengatakan kalau pelunasan akan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama diperuntukan bagi calon jemaah haji yang sudah ditetapkan untuk berangkat pada tahun ini. Jika pada saat pelunasan tahap pertama masih ada sisa kuota, maka itu salah satunya akan diprioritaskan bagi calon jemaah haji lansia yang berusia 75 tahun ke atas.

“Lansia, kami memprioritaskan pada tahap kedua pelunasan. Ketika pada tahap pertama ada yang membatalkan dengan berbagai alasan, maka kursi kosong yang ada kami prioritaskan untuk mereka yang berusia 75 tahun ke atas, kategori lansia,” tandasnya.@licom