Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Hujan deras, jembatan Sungai Konto ambruk
Jembatan Sungai Konto yang ambrol akibat abrasi tanggul. (LICOM/M. Ibnu Alfarobi)
NEWS

Hujan deras, jembatan Sungai Konto ambruk 

LENSAINDONESIA.COM : Abrasi tanggul Sungai Konto akhirnya membawa “korban” yaitu ambrolnya salah satu jembatan yang jadi penghubung dua kecamatan. Beruntung tidak ada korban jiwa di peristiwa ini.

Ambruknya jembatan ini juga dipicu hujan deras semalaman yang mengguyur Jombang. Jembatan yang ambrol berada di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Senin(27/3/2017) dini hari.

Tak hanya jembatan yang ambruk, sebagian dinding sungai atau tanggul ini makin melebar hingga menggerus jalan desa setempat.

Akibatnya, warga yang berada di dua kecamatan yaitu Perak dan Bandarkedungmulyo ini tak bisa melintas. Karena jembatan yang ambrol ini salah satu akses alternatif warga empat desa yakni Pucangsimo, Brodot, Gondangmanis, dan Bandarkedungmulyo.

“Iya, ini akses alternatif warga dari Kecamatan Perak dan Bandarkedungmulyo. Sehingga kami berharap mendapat perhatian dari pemerintah untuk segera ditindaklanjuti dan ada pembenahan. Karena jika tidak segera diperbaiki warga bisa memutar sejauh kurang lebih 5 kilometer,” ujar Udin salah satu warga desa setempat.

Sementara itu, Sekretaris Desa Gondangmanis, Efendi mengatakan jembatan ini ambrol sekitar jam 01.00 dini hari tadi, yang diakibatkan aliran sungai begitu deras dan hujan dari sore hingga malam. Akibatnya dinding atau tanggul sungai ini tergerus yang melebar ke arah jembatan.

“Begitu debit air tinggi tanggul merambat ke arah jembatan, akhirnya jembatan tak bisa menahan beban dan ambrol,” terangnya kepada lensaindonesia.com.

Memang sebelum jembatan ini ambrol tanggul sungai sepanjang 2 kilometer ini sudah mengalami abrasi. Pemkab Jombang juga sudah berkali-kali meminta pemerintah pusat untuk menangani masalah ini. @Obi