LENSAINDONESIA.COM: Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) DKI Jakarta , Sumarno, mengatakan, bahwa sampai saat ini tengah merumuskan format debat publik pada putaran kedua Pemilihan Gubernur ( Pilgub) DKI 2017. Jika telah terbentuk konsep debat cagub, maka akan disampaikan kepada kedua tim sukses paslon.

“Untuk konsep nanti kita diskusikan dengan kedua timses paslon,” kata Sumarno di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Sumarno menjelaskan debat calon di putaran kedua berlangsung enam segmen, namun kontennya berubah. Dia mengatakan akan ada pendalaman program-program kampanye dari masing-masing paslon.

“Jadi nanti lebih perdalam tentang program yang dibuat seperti, Ahok punya program KJL, Anies miliki program DP nol rupiah. Nanti dijelaskan,” terangnya.

Selain itu, juga akan ada ada pertanyaan dan harapan dari masyarakat kepada masing-masing calon.

“Nanti panelis sebagai fasilitator kepada materi yang akan diajukan, akan ada tim independen yang menghimpun aspirasi masyarakat. Kita juga tidak mau pertanyaan masyarakat yang cenderung ke calon tertentu, sehingga akan memojokan calon lainnya,” tuturnya.

Agar netral, dia menjelaskan nantinya masyarakat yang dapat bertanya merupakan masyarakat yang tidak memiliki akses di kekuasaan, misalnya kelompok buruh, kelompok guru, honorer, serta kelompok lainnya. @agus