Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Badar ganja jaringan Lapas Lowokwaru, Malang, Yubi Abdiel Charismata (24) warga Jl Simo Gunung, dibekuk Sat Reskoba Polrestabes Surabaya dengan barang bukti ganja 828,91 gram.

Penangkapan pada Yubi berdasarkan informasi dari masyarakat yang melaporkan wilayah Jl Simo Gunung, Surabaya sering dijadikan tempat transaksi narkoba. Dari laporan itu, Sat Reskoba Polrestabes Surabaya melakukan penyelidikan dan mendapatkan identitas dan ciri-ciri Yubi yang badannya penuh tatto.

Wakasat Reskoba Polrestabes Surabaya Kompol Anton Prasetyo mengatakan, bandar ganja itu ditangkap pagi hari setelah anggota melakukan pengintaian beberapa hari. “Saat kami geledah, kami menemukan paket ganja siap jual. Kemudian, kami melakukan pengeleran ke rumah pelaku dan ditemukan puluhan poket ganja dengan berat total 828,91 gram, 1 timbangan, 1 ATM BCA dan 1 Iphone,” ujarnya, Kamis (30/3/2017).

Dari hasil pemeriksaan diketahui, pelaku Yubi mendapatkan ganja-ganja tersebut dari seorang napi di Lapas Lowokwaru Malang berinisial WW. Bandar WW ini menyuruh seorang kurir berinisial GD untuk mengantarkan ganja kepada Yubi dengan sistem ranjau. Selanjutnya Yubi sendiri tinggal mengambil ganja yang diletakkan di jalanan kawasan Gadang Malang. “Menurut pengakuannya, Yubi biasa memesan ganja minimal 0,5 Kg pada WW. Itu sudah dilakukan 3 kali,” kata Kompol Anton.

Mendapat pengakuan demikian, petugas Sat Reskoba Polrestabes SUrabaya langsung melakukan pemeriksaan terhadap WW. “Bahkan hingga hari ini, Kamis (30/3/2017) pemeriksaan terhadap WW sedang berlangsung. Untuk si kurir yaitu GD, saat ini sedang dalam pengejaran kami,” imbuhnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Yubi dijerat Pasal 114 ayat (1) juncto Pasal 132 ayat (1) Subsider Pasal 111 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. @nanda