Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Lontaran Megawati Soekarnoputri yang ingin pensiun dari jabatan Ketua Umum PDIP ternyata menarik perhatian partai lain. Salah satunya adalah Partai Gerindra.

Partai berlambang kepala Garuda itu menyarankan Joko Widodo (Jokowi) turut andil dalam suksesi partai berlambang banteng mulut merah itu. Menurut Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono, Jokowi sangat mumpuni untuk menggantikan Ketua Umum Partai PDI Perjuangan ‎Megawati Soekarnoputri pensiun dari politik.‎

“Saya rasa Pak Joko Widodo sangat mumpuni ya untuk mengantikan Ibu Mega jika ingin pensiun,” ujarnya di Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Sebab, kata Arief, Jokowi merupakan kader PDIP yang dikader secara khusus oleh Mega untuk disiapkan sebagai pemimpin nasional. Dimulai dari tingkatan kota, provinsi hingga akhirnya terpilih sebagai Presiden.

“Jadi hanya Joko Widodo yang paling pas untuk calon penganti Bu Mega nanti. Kalau diibaratkan dalam sejarah kerajaan Jawa, Ibu Megawati itu seperti Ratu Kalinyamat dan Joko Widodo itu adalah Joko Tingkir yang sama sama memerangi Pangeran Aryo Penangsang,” kata dia.

Sebelumnya, saat berpidato Megawati di HUT ke-17 Banteng Muda Indonesia di Jl Cianjur, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/2) lalu ia mengungkap pernyataan ingin pensiun dari jabatan Ketum PDIP. Bahkan niat itu sudah diungkap sejak tahun lalu.

“Saya berkata pada diri saya, mereka (kader) itu kok nggak kapok-kapok. Saya sebetulnya sudah dari tahun lalu sudah mau pensiun,” ucap Megawati di acara tersebut. @dg