Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jokowi targetkan kereta api Bandara Adi Soemarmo tuntas 2018
HEADLINE UTAMA

Jokowi targetkan kereta api Bandara Adi Soemarmo tuntas 2018 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi), meminta agar pembangunan kereta api Bandara Adi Soemarmo tuntas pada 2018. Rencananya kereta api bandara ini akan jadi pendukung bandara yang diperluas.

Hal itu disampaikan Jokowi saat peletakan batu pertama pembangunan kereta api bandara yang menghubungkan Boyolali, Solo, Madiun dan Jogjakarta ini, Sabtu (8/4/2017). Menurutnya jika tak diberi target maka bakalan mundur yang ujung-ujungnya proyek mangkrak.

“Memang waktu yang mepet tetapi pagi tadi saya tegaskan lagi tidak boleh mundur dari 2018. Tadi mau naik masih dibisikin, Pak ini yang berat pembebasan lahan. Ndak! Ini ada bupati di sini, tanggung jawabnya bupati, tanggung jawabnya wali kota. Siap-siap betul. Karena yang mendengarkan banyak,” katanya.

Hal ini tak lepas dari persaingan antar negara yang sangat sengit. Dia menyebut Malaysia dan Singapura serta Vietnam telah meninggalkan Indonesia. Oleh sebab itu semua hal yang berkaitan dengan moda, semua hal yang berkaitan dengan transportasi, baik pelabuhan, baik darat, baik udara, semuanya harus efisien.

“Rakyat, masyarakat, pengguna, semuanya diberikan pilihan-pilihan. Mau naik taksi silakan ada, mau naik bus silakan ada, pengen kereta api ini ada, pengen LRT ini ada. Inilah pilihan-pilihan yang harus disediakan oleh negara oleh pemerintah. Agar apa? Agar efisien, agar memiliki daya saing,” ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menargetkan penyelesaian proyek perluasan terminal Bandara Adi Soemarmo menjadi 26 ribu persegi. Sedangkan runway juga diperpanjang dari 2600 menjadi 3000.

Usai memberikan sambutan, Presiden Joko Widodo menekan sirine dan melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan kereta Bandar Udara Adi Soemarmo.@stk/licom

Baca Juga:  Gubernur Khofifah dukung pembangunan Museum HAM Omah Munir di Batu