Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
KY: 82 calon hakim agung lulus seleksi administrasi
Komisi Yudisial. (ISTIMEWA)
HEADLINE DEMOKRASI

KY: 82 calon hakim agung lulus seleksi administrasi 

LENSAINDONESIA.COM : Sejak menerima usulan calon hakim agung (CHA) Tahun 2017 selama 15 hari berturut-turut pada 8 hingga 29 Maret 2017, dan diperpanjang hingga 7 April 2017, Komisi Yudisial (KY) telah menerima 88 orang yang diusulkan untuk mengikuti seleksi CHA. Berdasarkan Rapat Pleno KY, Kamis (13/4/2017), secara resmi KY telah menetapkan 82 orang lulus seleksi administrasi CHA Tahun 2017.

Juru Bicara KY Farid Wajdi, mengatakan, CHA yang lolos ini terdiri atas 49 orang dari jalur karier dan 33 orang dari jalur nonkarier. Sementara berdasarkan kategori jenis kelamin, CHA tersebut terdiri dari 7 orang perempuan dan 75 orang laki-laki.

“Seleksi administrasi ini dilakukan dengan cara meneliti berkas kelengkapan CHA sesuai dengan persyaratan administrasi,” kata Farid dalam kereterangan tertulis yang diterima LICOM, Kamis (13/4/2017) malam.

Berdasarkan jenis kamar yang dipilih, sebanyak 23 orang lolos seleksi administrasi di kamar Pidana, 29 orang lolos seleksi administrasi di kamar Perdata, 22 orang lolos seleksi administrasi di kamar Agama, 5 orang lolos seleksi administrasi di kamar Tata Usaha Negara, dan 3 orang lolos seleksi administrasi di kamar Militer.

“Dilihat dari profesi CHA yang lolos seleksi administrasi, sebanyak 49 orang hakim karir, 17 orang akademisi, 1 orang notaris, 4 orang pengacara, dan 11 orang lainnya,” jelasnya.

Sementara itu ,pengumuman hasil seleksi administrasi CHA dapat dilihat di website KY yaitu www.komisiyudisial.go.id mulai 13 April 2017, dan disampaikan surat pemberitahuan kepada pengusul CHA.

Selanjutnya, bagi CHA yang memenuhi persyaratan administrasi berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu Tahap II (Seleksi Kualitas) yang akan dilaksanakan pada 26 hungga 27 April 2017 di Balitbangdiklatkum di Mahkamah Agung, Mega Mendung, Bogor.

Materi yang diujikan pada Seleksi Kualitas meliputi: menulis makalah di tempat, studi kasus hukum, studi kasus Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), dan tes objektif.

Baca Juga:  Perkuat wawasan nusantara untuk kuatkan ideologi dan semangat kebangsaan

KY mengharapkan partisipasi masyarakat (dengan identitas yang jelas) agar memberikan informasi atau pendapat secara tertulis tentang integritas, kapasitas, perilaku, dan karakter CHA yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi. Informasi atau pendapat tertulis diharapkan diterima Tim Seleksi Calon Hakim Agung Republik Indonesia paling lambat 5 Juni 2017 pukul 16.00 WIB.@agus_irawan