Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pilpres Prancis, jutaan warga datang ke TPS
Warga Prancis memberikan suaranya dalam pemilihan presiden (Pilpres) putaran pertama, Minggu (23/04/2017) Foto: AFP
Eropa

Pilpres Prancis, jutaan warga datang ke TPS 

LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Prancis menggelar Pemilihan Umum Presiden Presiden putaran pertama, hari ini, Minggu (23/04/2017).

Pada pemilu ini, lima tokoh maju sebagai calon presiden diantaranya, Jean-Luc Melenchon, Emmanuel Macron, Marine Le Pen dan Francois Fillon.

Antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak suaranya pada Pilpres Prancis 2017 ini cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan adanya partisipasi jutaan masyarakat yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

TPS di seluruh Prancis akan ditutup pada pukul 19.00 waktu setempat. Sedangkan untuk kota-kota besar satu lebih panjang. Hasil sementara bakal diketahui pada pukul 21.00.

Guna mengamankan jalannya Pilpres, Pemerintah Prancis menurunkan pasukan ekstra pasukan elite, untuk membantu 50.000 personel polisi yang sudah disiapkan selama Pilpres.

Antisipasi ganguan keamana ini dilakukan mengungat pada Kamis (20/04/2017) lalu terjadi insiden penembakan di Champs Elysees. Pada insiden itu, seorang pria uta menembaki warga di Champs Elysees. Akibat insiden ini seorang polisi tewas dan dua lainnya luka serius. Tersangka penembakan merupakan anggota kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pemerintah menyatakan proses demokrasi jangan sampai terganggu. Mereka juga meminta masyarakat untuk tidak takut, terintimidasi, dan pecah. Jalan-jalan protokol di Paris tampak sepi, sedangkan di Bandara Charles de Gaulle diperketat.

“Ya, orang-orang sempat takut, tapi hari ini mereka tetap antusias memberikan suaranya,” ungkap Pierre, warga Paris yang memberikan suaranya di TPS kawasan Champs Elysees.

Antusiasme juga ditunjukkan warga keturunan. “Saya memilih Jean-Luc Melenchon. Dia sangat bagus. Programnya baik untuk kesejahteraan rakyat Prancis,” ujar Imran, warga Prancis keturunan Aljazair, di kawasan Caulaincourt.@LI-13

Baca Juga:  Sekelompok pemuda mabuk serang warkop, seorang pengunjung terluka