LENSAINDONESIA.COM: Tujuh orang dikabarkan tewas serta lebih dari 20 orang lagi mengalami luka parah akibat serangan bom mobil di Kota Azaz yang dikuasai gerilyawan, di Suriah Utara, dekat perbatasan Turki, Rabu (3/5/2017).

Menurut stasiun televisi pan-Arab Al-Mayadeen, mobil yang dipasangi bom tersebut meledak dekat sebuah masjid Kota Azaz yang berada di pinggir utara Provinsi Aleppo. Gerilyawan mengatakan bom mobil tersebut meledak dekat markas badan pemerintah lokal.

Perlu diketahui, Kota Azaz telah beberapa kali berpindah tangan dari ISIS, militer Suriah hingga kelompok gerilyawan sejak meletusnya perang saudara pada 2012.

Serangan baru-baru ini diduga telah dilancarkan ISIS yang mundur dari kota tersebut pada 2014. Sejak 2015, kota itu dikuasai secara bersama oleh Front An-Nusra yang memiliki hubungan dengan Al-Qaida, dan Tentara Suriah Bebas yang didukung Turki.

Kota tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi karena sebagai jalur utama pasokan logistik dekat perbatasan Suriah-Turki. @LI-15