Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Laba Pelindo III melonjak Rp 350 miliar
Peningkatan laba bersih Pelindo III hingga Rp1,51 Triliun dipicu lonjakan arus angkutan petikemas. Foto,ilust-ist
Bisnis

Laba Pelindo III melonjak Rp 350 miliar 

LENSAINDONESIA.COM: Akhirnya PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), BUMN Kepelabuhanan memparkan  kinerja perusahaan  akhir tahun 2016 lalu.  Nampak peningkatan signifikan pada pembukuan laba perusahaan tercatat sebesar Rp1,51 triliun.  Jumlah ini meningkat 130 persen atau sekitar Rp 350 miliar jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016 lalu yang hanya mencapai Rp1,16 triliun.

Direktur Keuangan Pelindo III U. Saefudin Noer menjelaskan, peningkatan laba perusahaan diantaranya dipicu oleh melonjaknya arus petikemas yang tumbuh 106 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.  Layanan petikemas kali ini memberikan kontribusi pendapatan sebesar Rp 4,39 triliun atau sekitar 59 persen dari seluruh pendapatan usaha perusahaan.

“Pendapatan bersih dan pendapatan di luar usaha hingga akhir Desember lalu tercatat Rp 7,48 triliun atau tumbuh 15,5 persen dari periode yang sama tahun lalu,” ujar Saefudin kepada Lensaindonesia.com dalam keterangan persnya, Rabu (03/05/2017).

Pelindo III juga mencatat kenaikan aset dari Rp 18,97 triliun ke posisi Rp 22,18 triliun.  Peningkatan ini menyusul selesainya sejumlah investasi Pelindo III dalam mendukung pelayanan kepelabuhanan.

Kinerja Pelindo III yang membaik ini mengkondisikan 3 lembaga pemeringkat kredit internasional, Fitch, Moody’s dan Standard & Poor’s memberikan apresiasinya.  Fitch menilai Pelindo III di posisi Stable dengan rating BBB-.  Sementara Moody’s, memberikan penilaian Positive dengan rating Baa3 dan Standard & Poor’s memberikan penilaian Developing dengan rating BB+. @Rel-Licom

Baca Juga:  Ketua KSP Nasari: "Dekopin perlu direvitalisasi agar sesuai UUD 45!"