Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Berhentikan Ahok dari jabatan Gubernur DKI, Mendagri tunggu salinan putusan
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Foto: dtc
HEADLINE UTAMA

Berhentikan Ahok dari jabatan Gubernur DKI, Mendagri tunggu salinan putusan 

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo segera memberhentikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Hal ini dilakukan setelah Ahok divonis bersalah dan harus menjalani hukuman 2 tahun penjara karena kasus dugaan penistaan agama.

Tjahjo mengatakan, Ahok tidak bisa melaksanakan tugasnya lagi menjalankan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah dijatuhi hukuman dua tahun penjara dalam kasus penodaan agama.

“Berdasarkan pasal 65 UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menegaskan bahwa kepala daerah yang menjalani masa tahanan tidak bisa melaksanakan tugas dan wewenangnya,” kata Tjahjo di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (09/05/2017).

Mendagri mengatakan, saat ini, Mendagri masih menunggu salinan putusan vonis Ahok dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Selanjutnya, Mendagri akan meminta Keputusan Presiden untuk mengangkat Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat sebagai Plt Gubernur DKI dan memberhentikan Ahok sebagai Gubernur DKI.

“Kami akan mengangkat wakil gubernur sebagai Plt hingga Oktober, setelah mendapatkan salinan putusan,” ujar Tjahjo.@LI-13

Baca Juga:  Anugrah Ariyadi resmi daftar Bacawawali Surabaya lewat PDIP