Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Basuki Tjahaja Purnama sudah mengajukan surat permohonan pengunduran diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya, ia telah dinonaktifkan dan digantikan dengan Djarot Saiful Hidayat.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono membenarkan surat permohanan tersebut. Surat itu diserahkan kemarin, Selasa (23/5/2017).

“Sudah (ditandatangani), surat dari Pak Ahok ke Presiden langsung dengan tembusan ke Pak Mendagri,” ujar Sumarsono ketika dikonfirmasi, Rabu (24/5/2017).

Soemarsono menjelaskan meski Ahok sudah diberhentikan sementara namun bukan berarti mundur dari jabatannya. Dengan adanya surat ini, maka pemerintah bisa menindaklanjutinya dengan pemberhentian tetap.

“Pemberhentian sementara dasarnya bukan pengajuan surat pengunduran diri, tapi karena vonis ditahan. Sedang surat pengunduran diri dari Pak Ahok untuk salah satu dasar pemberhentian tetapnya,” ujar Sumarsono.

Saat ini, pemerintah pusat tinggal menunggu surat resmi dari Pengadilan Tinggi terkait. Bila tidak ada upaya hukum lain yang ditempuh Ahok, maka SK pemberhentian segera diproses.

Istri Ahok, Veronica Tan, kemarin mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk mencabut banding Ahok terkait vonis dua tahun penjara dalam kasus penodaan agama.@kmp/licom