Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Ini tips menjalankan puasa dari PAPDI
TERKINI

Ini tips menjalankan puasa dari PAPDI 

LENSAINDONESIA.COM: PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam) melalui anggotanya bernama dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM yang sehari-hari melakukan praktek kedokteran di Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips lancar menjalani ibadah puasa, khususnya untuk seorang berusia lanjut.

● Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi.
Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tidak terdehidrasi.

● Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

● Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

● Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

● Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.

● Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula.
Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.

● Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

● Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang.
Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tidak bisa masuk dalam tubuh. @Rudi

Baca Juga:  Polisi gerebek kos pelaku serangan Polsek Wonokromo