LENSAINDONESIA.COM: Satnarkoba Polres Madiun Kota berhasil mengamankan 1 pengedar dan 4 pengguna narkoba jenis sabu sabu, para tersangka ditangkap saat usai mengadakan acara sedot sabu bersama.

Kepala Satuan Reserse Narkoba (Kasatresnarkoba) AKP Sukono menjelaskan, dari 5 orang yang diamankan tersebut 1 di antaranya merupakan residivis atau pernah dipidana karena terlibat kasus hukum yaitu narkoba, selain mengamankan tersangka Satnarkoba juga mengamankan narkoba jenis sabu-sabu seberat 3 gram.

“Berdasarkan informasi dari masyarakat, kami mengamankan tersangka Cimot yang habis melakukan transaksi di Jalan Pringgodani. Dari pengembangan, kami akhirnya menangkap 4 tersangka lain di rumah Prasetya di wilayah Kelurahan Pilangbangao Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun berikut juga barang bukti narkoba seberat 3 gram beserta alat hisap, sabu-sabu tersebut dibagi dalam 9 paket,” jelas AKP Sukono kepada lensaindonesia.com, Sabtu (27/5/2017).

Kelima tersangka tersebut yakni Prasetya (47), Tangki (43) keduanya warga Kelurahan Pilangbangao Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, Dianto (60) warga Kelurahan Kanigoro Selo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, Rawan alias Kembo (60) warga desa Dempelan Kecamatan Nglames Kabupaten Madiun, Cimot (31) warga jalan Pudak Kelurahan Oro oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun.

Dari pemeriksaan para tersangka mengaku memakai narkoba tersebut untuk menambah kepercayaan diri mengingat usia mereka yang sudah pada uzur, dan mereka sudah terbiasa memakai narkoba jika akan melakukan aktivitas yang dirasa berat.

“Para tersangka ini memakai sabu sabu alasannya untuk menambah kepercayaan diri, bisa jadi karena usia mereka yang sudah pada uzur,” terang AKP SUkono.

Dengan tertangkapnya para tersangka narkoba tersebut, pihak Satnarkoba Polres Madiun Kota saat ini sedang mengembangkan jaringan yang berada di belakang para tersangka. Akibat perbuatan para tersangka ini, mereka semua dikenakan pasal 114 ayat (1) subs pasal 112 ayat (1) UURI no.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun. @dhimaz_adi