LENSAINDONESIA.COM: Sidang terhadap kakek pecandu sabu, Sugiharta Tanudjaja (59) warga Jl Maspati V, digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (30/5/2017), dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

Dalam periksaan, kakek pecandu sabu ini mengaku di hadapan Ketua Majelis Hakim Isjuaedi, bahwa dirinya ketagihan mengkonsumsi narkoba sejak 5 tahun lalu. “Sudah sekitar lima tahun lalu pak Hakim,” ujarnya.

Saat ditanya majelis Hakim alasan mengkonsumsi narkoba, terdakwa Sugiharta Tanudjaja berdalih dirinya mengaku lemas bila tidak mengkonsumsi sabu. “Setiap hari badan saya lemas, makanya saya pakai sabu pak Hakim,” jawabnya memelas.

Terdakwa juga mengaku, dirinya membeli sabu dari bandar yang tidak dikenal namanya di Jl Kunti, Sidotopo. “Saya beli di sana dengan bebas. Tapi saya tidak tahu nama bandarnya,” pungkasnya.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum Damang Anubowo terungkap, Sugiharta Tanudjaja ditangkap petugas Sat Reskoba Polretabes Surabaya usai bertransaksi sabu di daerah Sidotopo, Surabaya pada 8 Maret lalu. Atas perbuatannya, kakek pecandu narkoba ini dijerat pasal 112 ayat 1 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.@rofik