LENSAINDONESIA.COM: Lembaga Survei Regional (LeSuRe) melansir elektabilitas calon inkumben Pilgub Jawa Timur Saifullah Yusuf cenderung turun dan berada di angka 37 persen saja dengan popularitas 86 persen. Sedangkan elektabilitas Khofifah Indar Parawansa masih berada di kisaran 33 persen dengan tingkat popularitas 77 persen.

Yang mengejutkan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapat elektabilitas 34 persen menyodok di posisi kedua.

Sedangkan posisi selanjutnya ada nama Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar. Ia mendapatkan elektabilitas 9 persen dengan popularitas 26 persen. Dan di posisi kelima, politisi Partai Nasdem Hasan Aminuddin memiliki elektabilitas 11 persen dengan popularitas 21 persen.

“Ada temuan yang menarik yaitu Jatim membutuhkan pemimpin baru. Hal ini terlihat dari elektabilitas calon yang cenderung turun, sedangkan elektabilitas calon baru cenderung turun,” kata Direktur LeSuRe, M. Mufti Mubarok, saat menjabarkan hasil surveinya di Surabaya, Kamis (1/6/2017).

Untuk diketahui, Gus Ipul – sapaan Saifullah Yusuf – sudah menjabat wagub selama dua periode bersama Soekarwo (KarSa). Adapun Khofifah merupakan pesaing utama pasangan KarSa selama dua kali perhelatan pilgub sebelumnya.

Adapun dua nama kandidat cagub ialah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dengan popularits10 persen dn aelektabilitas 4persen. Adapun mantan calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono mendapat elektabilitas 4 persen denga popularitas enam persen.

Dengan hasil ini, Mufti mengatakan hingga saat ini seluruh nama-nama yang muncul masih berpeluang karena elektabilitasnya masih di bawah 40 persen.

LeSuRe menggelar survei dengan epriode November 2016 hingga Maret 2017 dengan responden hampir 20 ribuan responden yang tersebar di 29 kabupaten/kota di Jawa Timur. Survei pemanasan ini memiliki margin error 5 persen. @sit