LENSAINDONESIA.COM: Legenda Juventus, Alessandro Del Piero, percaya klub yang pernah membesarkan namanya itunya bisa melupakan kutukan selalu gagal di babak final dan bisa memenangi Liga Champions musim ini saat bentrok lawan Real Madrid.

Juventus terakhir kali memenangkan Liga Champions pada tahun 1996, namun sejak saat itu mereka selalu kalah dalam empat partai final.

Alessandro Del Piero turun sebagai starter saat menang melawan Ajax Amsterdam pada musim 1995-1996, namun kalah dua kali beruntun pada final lawan Borussia Dortmund dan Real Madrid di musim berikutnya. Pada final melawan AC Milan di 2003 dan 2015 meladeni barcelona, Juve lagi-lagi dipaksa gigit jari.

Meski demikian, Alessandro Del Piero tak yakin Juventus adalah tim yang dikutuk dalam final Liga Champions. “Kutukan tak ada untuk para pemain atau siapapun yang bermain di lapangan. Di Berlin, semua orang kecewa, kalah di final lewat adu penalti atau gol di menit-menit akhir, tidak ada yang berpikir soal itu. Sekarang, anda hanya berharap kemenangan dan semoga itu terjadi,” ujarnya di La Gazzetta dello Sport.

Del Piero lalu membandingkan Juventus sekarang dengan tim yang kalah dari Barcelona dalam final Liga Champions melawan Barcelona dua tahun silam. “Yang terpenting adalah kedewasaan, bagaimana mereka menyadari kekuatan mereka dan menggunakannya di atas lapangan. Saya kira Juve sekarang sudah lebih dewasa. Mereka bermain dengan gaya yang amat Eropa. Dan Real Madrid, saya kira mereka tak lebih inferior dari Barcelona,” ulasnya. @LI-15