LENSAINDONESIA.COM: Komisioner KPU RI, Ilham Saputra mengatakan, sudah ada kepastian anggaran untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bombana.

Sebelumnya, Pilkada Kabupaten Bombana terdapat PSU di 7 TPS di 4 Kecamatan sempat diundur, yang semula dijadwalkan pada 30 Mei 2017, ditunda menjadi 7 Juni 2017 lantaran terganjal oleh belum adanya kepastian anggaran saat itu.

“Laporan dari KPU Sultra soal PSU Bombana, bahwa hari ini Jumat, 2 Juni 2017 telah dilakukan Rapat Kordinasi oleh Gubernur Sultra terkait PSU Bombana dengan mengundang semua pihak terkait yakni Pj. Bupati Bombana, Ketua DPRD Bombana, Sekda, KPU Prov. Sultra, KPU Kab. Bombana, Panwas Bombana, kepala PPKAD, Kepala Bapeda Bombana, Polres Bombana dan Dandim,” ujar Ilham, Jakarta, Jum’at (2/6/2017).

“Hasil rapat telah disepakati bahwa anggaran Rp1 miliar untuk pelaksanaan PSU yang sudah termuat dalam nomenklatur APBD 2017 Kab. Bombana,” jelasnya menambahkan.

Anggaran Rp1 miliar tersebut, dialokasikan untuk kebutuhan pelaksanaan PSU di Kabupaten Bombana. Pihaknya memastikan, jadwal pelaksanaan PSU tidak akan tertunda lagi, yakni pada 7 Juni 2017.

“Rp1 miliar tersebut dialokasikan kebutuhan untuk 4 lembaga, masing-masing KPU Rp.400 juta, Panwas Rp.300 juta, Polres Rp.200 juta dan TNI Rp.100 juta. Jadi dengan hasil rapat tersebut maka disimpulkan PSU dapat dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2017,” pungkas Ilham.@yuanto