LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah selesai merampungkan lima Peraturan KPU terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan walikota dan wakil walikota pada pilkada serentak 2018 mendatang. Peraturan ini segera dilaunching ke publik.

“Kita sudah selesai rapat dengar pendapat dengan komisi II DPR dan pemerintah, ada 5 peraturan KPU,” ujar Komisioner KPU RI, Viryan di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Kelima Peraturan KPU tersebut diantaranya adalah PKPU tentang tahapan program dan jadwal, pemutakiran daftar pemilih, pencalonan kepala daerah, kampanye dan dana kampanye.

Viryan menjelaskan, peraturan KPU pemilihan kepala daerah tersebut sudah didaftarkan ke kementerian hukum dan ham (Kemenkumham).

“Saat ini PKPU tersebut sudah kita masukan ke Kementerian Hukum dan Ham, harapan kita seminggu ke depan sudah selesai,” terangnya.

Ia pun menyampaikan, pihaknya akan menyampaikan hasil peraturan tersebut ke publik. “Sehingga, launching pilkada serentak 2018 sudah bisa kita sampaikan ke publik PKPU tersebut, rencana launching tanggal 14 Juni 2017,” pungkas Viryan.@ant