LENSAINDONESIA.COM: Helikopter milik Basarnas Jawa Tengah dilaporkan terjatuh di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (2/7/2017) sore. Diduga heli tersebut jatuh di Gunung Buthak.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova mengakui adanya informasi jatuhnya heli tersebut. Namun ia enggan menjabarkan peristiwa itu dengan alasan masih menuju lokasi kejadian.

“Saya belum bisa memastikan benar atau tidak, ini masih dalam perjalanan ke lokasi,” katanya.

Menurut dia, dari informasi yang diperoleh, helikopter jenis Dauphin tersebut sebelumnya disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Heli tersebut, lanjut dia, bertolak menuju Dieng untuk membantu proses evakuasi letusan Kawah Siler dengan membawa sejumlah personel.

Informasi heli jatuh di Gunung Butak disampaikan oleh anggota Kodim Temanggung 07/06 Temanggung Kapten (Kav) Sentot Herutomo. Tapi dia mengatakan dirinya belum dapat mengkonfirmasi jenis heli dan asal institusi heli yang hilang tersebut. “Berdasarkan konfirmasi (milik) Basarnas, lokasinya berada di Gunung Butak,” ucapnya.

“Dari bawah menuju ke puncak gunung butuh 2 jam. Lokasi persisnya berada di sekitar puncak gunung,” sambung Sentot. @bbs/licom