Advertisement

LENSAINDONESIA.COM : Perjalanan gowes Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 Etape Kedua pada Jumat (7/7/2017) akan menempuh perjalanan dari Kota Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman menuju kota Payakumbuh. Melintasi kota Bukittinggi Tim Gowes akan menempuh jarak sejauh 104 km.

Setelah 10 km, Route ini akan melewati Tugu Peringatan Imam Bonjol dan juga melintasi tanjakan-
tanjakan panjang yang tidak kalah berat dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Wakil Ketua Tim Rudi Klowor sebelum Tim GTPN 2017 mengatakan di antara para Rider Tim GTPN 2017 adalah atlet-atlet Wanita berprestasi yang potensial dan sedang dipersiapkan untuk mengikuti berbagai kompetisi nasional maupun internasional. Event yang terdekat yang diproyeksikan untuk diikuti adalah Jelajah Wanita Malaysia 2017.

Maka dalam momentum Event ini, para Athlet juga digeber dengan beberapa program-program latihan yang langsung ditangani oleh salah Atlet Legenda Sepeda, Fanny Gunawan. Oleh karena itu, di ruas-ruas Route yang memungkinkan, Tim GTPN 2017 melakukan “formasi “ dengan memacu laju sepeda secara interval hingga mendekati kecepatan 50 Km/jam, walaupun mereka menggunakan jenis Sepeda Gunung yang cukup berat.

Formasi ini selain menjadi bagian dari pola latihan juga variasi untuk mengatasi kejenuhan dalam perjalanan bersepeda jarak jauh dan berdurasi panjang. “Semua rider menikmati formasi balap ini, dengan memacu sepeda sampai batas kemampuan mereka. Baru setelah 10 Km kami rehat dengan Gowes
konstan di speed 15-27Km/jam,” ungkap Rudi menjelaskan.

Semalam, tim dijamu Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis SH, Msi, didampingi Wakil Bupati Atos Pratama, Kadispora, Camat Lubuk Sikaping Ricky Riswandy dan seluruh jajarannya. Bupati Pasaman berharap agar Tim Gowes mampu memberikan kontribusi dengan membudayakan olahraga rekreatif sekaligus
mempromosikan keunggulan potensi obyek wisata yang dimiliki daerah sepanjang Route, khusunya Kabupaten Pasaman.

Seperti Cagar Alam Rimba Panti, Museum Tuanku Imam Bonjol, dan Taman Equator sebagai kebanggaan Kabupaten Pasaman yang dilintasi garis Khatulistiwa dengan fenomena alam titik kulminasi yang biasanya diperingati pada bulan Maret dan September.

Kegiatan Gowes Touring Pesona Nusantara ini merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga, yang dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017di Sabang, untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara akan menempuh total perjalanan 5000 km setelah Start dari kilometer 0 Sabang sampai Finish di Kota Magelang. Pada Etape 2 yang dimulai dari Balige, Sumatera Utara, Tim Gowes akan menuju Padang dengan jarak Total 727 km.*/licom