LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III jalin kerjasama dengan PT Hotel Indonesia Natour (Persero) merupakan BUMN bidang layanan jasa perhotelan ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai koordinator Hotel Indonesia Group.

Kerjasama berbentuk Perjanjian Kerjasama Corporate Benefit antara Pelindo III, Hotel Indonesia Natour (HIN) dan Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III (Kopelindo III), Selasa (18/07/2017) di Hotel Inna Tunjungan Surabaya.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan Direktur Utama HIN Iswandi Said, Direktur Utama Pelindo III IG.N Askhara Danadiputra dan Ketua I Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III Faruq Hidayat.

Ari Askhara mengatakan, kerjasama dengan Hotel Indonesia Natour (HIN) merupakan wujud sinergi antar BUMN. Pelindo III akan berkomitmen dalam hal pemanfaatan akomodasi Hotel Indonesia Group (HIG) mengingat banyaknya perjalanan dinas yang kerap dilakukan para pegawai Pelindo III setiap tahunnya.

“Kerjasama ini akan lebih memudahkan, sebab sesama BUMN akan memperoleh harga khusus korporasi (special net corporate rate) karena dilakukan dengan pemesanan atas nama institusi,” tandas Ari Askhara.

Ari Askhara menambahkan, kerjasama dengan Hotel Indonesia Group juga bisa meningkatkan kinerja kedua perusahaan.

“Yang pasti dengan kerjasama ini masing-masing pihak dapat saling belajar dan saling mengisi untuk kepentingan bisnis masing-masing yang tentunya untuk bangsa dan negara,” imbuh Ari.

Di kesempatan yang sama, Iswandi Said, Direktur Utama Hotel Indonesia Natour menyampaikan, sebagai salah satu pemain utama bisnis perhotelan di Indonesia, Hotel Indonesia Natour akan terus berekspansi untuk pemanfaatan fasilitas perhotelan bagi masyarakat.

“Melalui kerjasama ini kami bisa membantu Pelindo III untuk pemenuhan kebutuhan akomodasi di kota atau wilayah pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III. Hal ini tentunya akan kami bicarakan bersama terkait teknisnya, pastinya kami akan jalan bersama untuk kepentingan bangsa dan negara, dan memberikan layanan efektif dan efisien sesuai core competency masing-masing,” papar Iswandi .

Dan untuk Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III, akan membantu aspek administrasi yakni sebagai pelaksana jasa pengurusan dan pemesanan atas pelayanan untuk HIN kepada Pelindo III.

Faruq Hidayat, Ketua I Koperasi Pegawai Pelindo III juga menyampaikan, Kopelindo III akan berupaya semaksimal mungkin memberikan layanan kepada Pelindo III sebab Kopelindo III ditunjuk sebagai partner untuk menangani perjalanan dinas pegawai Pelindo III.

“HIN sebagai market leader jaringan perhotelan nasional akan terus mengembangkan perusahaan dengan berbagai program nyata termasuk perbaikan secara bertahap dan berkelanjutan sesuai program transformasi perusahaan 2017-2021. Harapannya, tingkat okupansi rata-rata HIN yang semula 67 persen bisa meningkat menjadi 72 persen,” tegas Iswandi.

Program ini meliputi penataan dan perbaikan berbagai sarana dan fasilitas hotel di berbagai daerah di tanah air, peningkatan kualitas layanan, pengembangan program pemasaran termasuk melalui website www.hotelindonesia.co.id untuk berbagai layanan dan reservasi dalam bentuk mobile app hingga pengembangan human capital management system.@Rel-Licom