LENSAINDONESIA.COM: KMP Kalibodri kembali melakukan pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah menuju Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah, Senin (24/07/2017).

Pelayaran itu merupakan perjalanan terakhir selama arus mudik/balik Lebaran 2017.

Kapal tersebut membawa 643 penumpang dari berbagai daerah di Jawa Tengah. KMP Kalibodri bertolak dari Kendal pukul 15.40 WIB. Diperkirakan menempuh waktu perjalan sekitar 23 jam untuk sampai di Kumai.

Kepala Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kendal, Andi Rahmat mengatakan, antusias warga yang ingin menuju Kumai melalui Pelanbuhan Tanjung Kendal tahun ini sangat tinggi.

Tahun lalu, arus balik sekitar 2.400 penumpang, sedangkan tahun ini mencapai 4.000 atau rata-rata mencapai 600 penumpang sekali perjalanan.

KMP Kalibodri selama Juli ini melakukan perjalanan Kendal-Kumai sebanyak delapan kali.

Selain membawa 643 penumpang, kapal juga membawa sembilan truk besar, dua truk sedang, 11 mobil, dan 34 sepeda motor.

“Geliat penumpang memang tinggi. Jika kami rata-rata sekali berangkat membawa 600 penumpang. Jumlah penumpang tersebut sesuai dengan batas toleransi yang diberikan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas,” katanya.

Pelabuhan Tanjung Kendal ini merupakan pelabuhan baru di Jawa Tengah. Sebab pelabuhan yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal ini baru diresmikan pada tahun 2015.

Pelabuhan ini diharapkan bisa membantu pelayaran yang super sibuk pada pelabuhan yang telah ada sebelumnya, yaitu Pelabuhan Tanjung Emas yang ada di kota Semarang.@eko