Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Industri hulu migas kini lebih menekankan penggunaan produk lokal
Vendor’s Day Bersama East Java 27-28 Juli 2017 diikuti 250 perusahaan lokal Jatim di Hotel Golden Tulip, Batu, Malang, Jawa Timur, Jumat (28/07/2017). Foto-ist
EKONOMI & BISNIS

Industri hulu migas kini lebih menekankan penggunaan produk lokal 

LENSAINDONESIA.COM: SKKMigas dan Kontraktor Kerja Kerjasama wilayah Jabanusa menggelar Vendor’s Day Bersama East Java 27-28 Juli 2017 di Hotel Golden Tulip, Batu, Malang, Jawa Timur, Jumat (28/07/2017).

Djoko Siswanto, Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas menyatakan, SKK Migas dan KKKS berkomitmen memakai produk barang jasa dalam negeri.

Ia berharap kerja sama aktif dari Mitra Kerja guna mendukung melalui upaya penciptaan produk dalam negeri yang berkualitas, harga kompetitif dan kemampuan delivery akan mampu memaksimalkan multiplier effect dari aktifitas hulu migas.

“Dunia Hulu Migas kini dalam kondisi menerima tantangan cukup berat, harga minyak mentah dunia belum stabil, berakibat terhadap kegiatan operasi Hulu Migas. Untuk itu, Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa dituntut untuk meningkatkan TKDN, merubah pola pemanfaatan barang atau jasa dari impor menjadi lokal” papar Djoko.

Djoko menambahkan, diantara contoh pmemprioritaskan konten lokal yakni Project Masela yang mampu mengubah offshore menjadi onshore guna meningkatkan kemampuan lokal Maluku.

Sementara itu, Bayu Murbandono, Manager Pemberdayaan Kapasitas Nasional juga menekankan kembali program-program bersama SKK Migas dan KKKS guna mendukung kewajiban penggunaan produk dalam negeri.

“Salah satunya melalui program asesmen bersama dan uji produk, sehingga KKKS dan industri penunjang makin percaya kemampuan produk dalam negeri untuk penunjang operasi hulu migas,” terang Bayu.

Vendor’s Day Bersama East Java digelar rutin tiap tahun. Aktifitas ini bertujuan memberikan pengetahuan baru untuk mitra kerja KKKS pada kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa Hulu Migas khususnya terkait regulasi yang berlaku dan memberikan pelatihan untuk mengimplementasikan regulasinya serta mengapresiasi mitra kerja lokal yang menunjukkan etos kerja yang baik.

Acara ini melibatkan 250 perusahaan Lokal Jawa Timur yang menjadi Mitra Kerja dari 8 KKKS Jabanusa diantaranya JOB Pertamina-PetroChina East Java, Pertamina EP Cepu, PHE WMO, Petronas Carigali, Santos, Kangean Energi Indonesia, HCML, dan Lapindo Brantas.@Rel-Licom