LENSAINDONESIA.COM: Jabatan Rektor di Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang resmi dijabat Prof Dr Abdul Haris MAg.

Itu setelah dilakukan serah-terima jabatan dari rektor lama, Prof Dr Mudjia Rahardjo di Aula Rektorat UIN Maliki, Kamis (03/08/2017).

Proses serah terima itu berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan. Bahkan, Abdul Haris yang sebelumnya merupakan dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini memasuki kampus dikawal lewat pawai yang dilakukan civitas akademika UIN Maliki.

Begitu juga saat memasuki kampus UIN Maliki, beberapa spanduk bertuliskan selamat datang Prof Abdul Haris sudah terpampang menyambut pria alumni UIN Maliki Malang ini.

Spanduk-spanduk dan baliho karangan bunga itu dari PMII dan Ikatan Alumni PMII UIN Maliki. Isinya ada yang bertuliskan, “Selamat Datang di Kampus Ulul Albab”, Selamat dan Sukses atas Dilantiknya Pprof Dr Abdul Haris Sebagai Rektor UIN Maliki Masa Bakti 2017-20121, Selamat dan Sukses atas Serah Terima Amanah Pimpinan.

“Sambutan itu menunjukkan bahwa Prof Abdul Haris diterima dengan baik di kampus UIN Maliki. Jadi tidak ada masalah dengan proses Pilrek. Kita semua menerima beliau dengan baik,” kata dosen senior UIN Maliki, Dr KH Muhtadi Ridwan.

Menurut dia, Abdul Haris bukan orang baru apa asing bagi civitas akademika UIN Maliki. Alasannya, karena Abdul Haris merupakan alumni dari UIN Maliki Malang yang sebelumnya bernama IAIN Sunan Ampel Malang.

Hal itu juga diakui Abdul Haris. Bagi dia, UIN Maliki ini bukan tempat baru. Sebab, dulu kuliah di jurusan PAI IAIN Malang. “Jadi saya ke sini pulang kandang,” kata dia.@aji