LENSAINDONESIA.COM : Belasan organisasi masyarakat (Ormas) dari berbagai ornamen lintas massa pergerakan membentuk Laskar Bela Negara yang dimotori Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang. LBN merupakan gerakan massa pertama di Indonesia yang dikukuhkan langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jombang, Senin (07/08/2017).

Pasukan LBN ini terdiri dari perwakilan GP Ansor, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Fatayat NU, Pagar Nusa, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Persatuan guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), perwakilan lintas agama, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Kordinator LBN, Gus Zulfikar Damam Ikhwanto mengatakan gerakan ini didasarkan atas kecintaan terhadap tanah air dan Pancasila sebagai dasar ideologi dalam bernegara. “Kita bersama semua elemen masyarakat yang terdiri dari organisasi di internal NU dan ormas dan OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemudaan) di luar NU yang sepakat membentengi bangsa dengan mendeklarasikan LBN,” katanya.

Lebih lanjut, Ketua GP Ansor Jombang ini menerangkan terbentuknya LBN berdasarkan pada komitmen yang keberlanjutan yakni berawal dari kajian lintas elemen setelah melaksanakan aksi damai Setia Pancasila dan NKRI di taman Ringin Contong, Jombang. Keberadaan LBN dirasa sangat penting untuk melawan munculnya gerakan yang bertentangan dengan Pancasila. Karena masih banyak beredar di medsos tentang alternatif ideologi yang berlawananan dengan pancasila

LBN ini dikukuhkan langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang Mas’ud, yang disaksikan Wakapolres Kompol Edhit Widodo, Pasi Intel Kodim 0814 Jombang Kapten Infanteri Sudjono. @Obi