LENSAINDONESIA.COM: Sepuluh awak kapal masih hilang akibat tabrakan antara sebuah kapal perang AS, USS John McCain jenis perusak menabrak sebuah kapal tanker di lepas pantai Singapura pada Senin (21/8/2017) pagi. Ini merupakan insiden kedua yang melibatkan kapal perang AS di perairan Asia dalam dua bulan terakhir.

Kapal perang AS itu bertabrakan saat bersiap melakukan perlabuhan rutin usai berlayar melintasi Selat Malaka, kata Angkatan Laut Amerika Serikat dalam statemen mereka. “Laporan awal kapal John S. McCain mengalami kerusakan. Adapun 10 marinir hilang dan lima orang lainnya terluka,” kata AL AS.

Peristiwa kali ini dilaporkan berlangsung pada Senin pukul 06.24 waktu setempat atau 04.24 WIB. Kapal AS menabrak sebuah kapal tanker berbendera Liberia, tulis BBC.

Sejumlah helikopter AS dan angkatan laut dan penjaga pantai Singapura dikerahkan untuk mencari dan menyelamatkan 10 pelaut yang masih hilang.

Belum jelas bagaimana keadaan kapal tanker minyak Alnic MC dan para awaknya. Kapal itu memiliki bobot 30.000 ton, sekitar tiga kali lipat kapal USS John Mc Cain.

Senator John McCain yang namanya diabadikan untuk kapal itu, mencuit bahwa ia dan isterinya mendoakan keselamatan para pelaut.

Ini merupakan tabrakan berat kedua yang melibatkan kapal AS dalam tempo dua bulan.
Bulan Juni lalu, sebuah kapal perang AS, USS Fitzgerald, menabrak sebuah kapal barang Filipina dan nyaris tenggelam di perairan Jepang, mengakibatkan tewasnya tujuh marinir AS.