Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Rudal Korsel terobos wilayah Jepang, Shinzo Abe: Ini ancaman serius
Perdana Menteri Jepang. Shinzo Abe. FOTO: Istimewa
ASIA

Rudal Korsel terobos wilayah Jepang, Shinzo Abe: Ini ancaman serius 

LENSAINDONESIA.COM: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menegaskan, pemerintahannya akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi warga.

Hal ini menyusul peluncuran rudal Korea Utara yang melewati langit Hokkaido, Jepang dan jatuh ke perairan Samudra Pasifik pada, Selasa 29 Agustus 2017 pagi waktu setempat.

Menurut Abe, peluncuran misil balistik itu merupakan tindakan sembrono dan ancaman serius bagi negaranya.

“Tindakan sembrono Korut ini adalah ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya, serius dan serius bagi negara kita,” kata PM Abe mengatakan kepada wartawan.

Pemimpin Jepang ini sudah berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melalui telepon sesaat setelah tembakan rudal Pyongyang. Kedua pemimpin itu sepakat 100 persen bahwa Washington dan Tokyo akan meningkatkan tekanan terhadap rezim Kim Jong-un.

Para diplomat melaporkan bahwa Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menggelar sidang darurat hari ini sesuai permintaan Jepang. Sidang darurat ini untuk membas tindakan Pyongyang.

Awal bulan ini, 15 anggota DK PBB dengan suara bulat memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara untuk menanggapi dua peluncuran rudal balistik jarak jauh pada bulan Juli.

Militer Korea Selatan mengatakan rudal yang menerobos wilayah udara atau langit Jepang pagi ini diluncurkan dari dekat Ibu Kota Korea Utara, Pyongyang, tepat sebelum pukul 06.00 pagi. Rudal itu, menurut militer Seoul, mampu terbang 2.700 km (1.680 mil) dan mencapai ketinggian sekitar 550 km (340 mil).

“Kami akan menanggapi dengan kuat berdasarkan aliansi kami yang kuat, AS, jika Korea Utara terus melakukan provokasi nuklir dan rudal,” kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters.

Empat jet tempur F-15 Korea Selatan langung melakukan latihan pengeboman sesaat setelah Pyongyang menembakkan rudalnya ke arah Jepang. Rudal itu jatuh di perairan Jepang di Laut Pasifik setelah melewati wilayah udara Hokaido dan terbelah menjadi tiga bagian.@LI-13

Baca Juga:  Sekelompok pemuda mabuk serang warkop, seorang pengunjung terluka