Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Cagub ini diklaim Polltrend jadi pilihan para kiai di Pilgub Jatim 2018
HEADLINE DEMOKRASI

Cagub ini diklaim Polltrend jadi pilihan para kiai di Pilgub Jatim 2018 

LENSAINDONESIA.COM: Menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 lembaga survei rupanya tak hanya melakukan survei kepada masyarakat umum. Seperti Polltrend yang justru menggelar survei terkait sejumlah nama kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur kepada kiai di Jatim.

Direktur Eksekutif Polltrend Khoirul
Yahya mengatakan total ada 8 nama calon kandidat yang disurvei dengan partisipasi dari suara sebanyak 61 kiai se-Jatim.

Dari sederet nama kandidat calon yang diajukan ada satu nama yang diklaim elektabilitasnya paling tinggi untuk menjadi Cagub di Pilgub Jatim 2018. Yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Ke-8 nama kandidat calon yang disurvei yaitu Wakil Gubernur Jatim/Ketua PBNU Saifullah Yusuf ​(72,1 %​), Menteri Sosial/Ketua PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa​ (16,4 %), Ketua DPRD Jatim/Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar ​(3,3 %), Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ​(1,6 %), Anggota DPR RI Hasan Aminuddin ​(1,6 %), Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ​(1,6 %), Anggota DPR RI/Ketua Partai Gerindra Jatim Soepriyatno ​(1,6 %) dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini ​(1,6 %).

Lainnya dari segi popularitas, lagi-lagi juga diklaim hanya Gus Ipul yang paling dikenal oleh kiai Jatim. Rinciannya adalah Saifullah Yusuf ​(100 %​), Khofifah Indar Parawansa​(93,4 %), Imam Nahrawi (88,5 %), Tri Rismaharini ​(85,2 %), Halim Iskandar ​(77 %), Abdullah Azwar Anas ​(72,1 %), Hasan Aminuddin ​(68,8 %) dan Soepriyatno ​(22,9 %).

“Dari jumlah kiai yang kita jadikan responden memang menempatkan nama Gus Ipul yang popularitas maupun elektabilitasnya paling tinggi,” ujarnya pada LICOM usai menggelar jumpa pers Opinion Makers Kiai Jatim Survei Kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dalam Pilgub 2018 di Hotel Aria Surabaya, Rabu (30/8/2017).

Ia juga menjelaskan alasan dipilihnya responden kiai dalam survei ini karena Jatim disebut provinsi yang basis keagamaannya kuat dan kiai bisa jadi alternatif yang strategis dalam mewakili suara masyarakat Jatim.

“Kiai di Jatim ini sangat strategis. Apalagi dalam tipologi kita kiai pesantren, kiai tarekat, kiai politik dan kiai panggung semuanya punya jamaah. Maka ketika kiai merekomendasikan sesuatu, maka prefensi kita pas. Logikanya kiai kita jadikan survei maka suaranya akan bisa dipertanggungjawabkan dan punya danpak signifikan di Pilgub 2018,” tegas Dosen FISIP UINSA ini.

Survei Polltrend ini menggolongkan kiai dalam 4 tipologi yaitu kiai politik, kiai panggung, kiai pesantren dan kiai tarekat.
Yang berasal dari sejumlah wilayah di Jatim, meliputi Madura, Arek, Mataraman dan Pendalungan.

“Penentuan kiai ini berdasarkan berdasarkan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan pada bulan Juni 2017. Survei dilakukan pada 17 Juni hingga 17 Juli,” imbuh Khoirul.@sarifa