LENSAINDONESIA.COM: Presiden Suriah Bashar al-Assad dilaporkan mengikuti shalat Idul Adha di pinggiran ibu kota Damaskus. Kemunculan sang presiden terbilang hal yang yang sangat langka sejak negara itu dilanda perang saudara tak berkesudahan yang menewaskan 330 ribu orang.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (1/9/2017), Bashar al-Assad jarang muncul ke publik setelah konflik Suriah pecah tahun 2011 lalu. Dia dikabarkan hanya meninggalkan ibu kota Damaskus beberapa kali.

Namun tahun ini, Bashar al-Assad bisa bepergian lebih jauh setelah sejumlah wilayah, termasuk Provinsi Hama di Suriah bagian barat berhasil dikuasai kembali oleh militer Suriah yang didukung Iran dan Rusia. Konflik bersenjata Suriah pada dasarnya melawan pemberontak yang ingin Presiden Bashar al-Assad lengser, namun hal itu ditunggangi kelompok radikal ISIS.

“Presiden Assad sholat Idul Adha… di kota Qara,” demikian dilaporkan akun Twitter Kepresidenan Suriah, yang juga menampilkan foto Bashar al-Assad sholat didampingi sejumlah pejabat setempat. Kota Qara sendiri berada di wilayah Qalamun, dekat Lebanon.

Tayangan televisi nasional Suriah menunjukkan Bashar al-Assad tersenyum di hadapan para pendukungnya, yang memenuhi bagian dalam masjid.

Pekan lalu, militer Suriah yang didukung petempur kelompok Hizbullah asal Lebanon, berhasil mengusir militan ISIS keluar dari Qalamun barat. Hengkangnya ISIS dari wilayah itu berarti perbatasan dengan Lebanon menjadi perbatasan pertama yang dikuasai sepenuhnya militer Suriah selama konflik berlangsung. @LI-15