LENSAINDONESIA.COM: Setelah sehari beristirahat menikmati indahnya panorama Pantai Pangandaran, Jawa Barat, kini Tim dan Rombongan Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN)  2017 memasuki perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Wilayah tersebut meliputi diantaranya Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas yang dikenal dengan istilah Republik Ngapak sejauh 100 Km.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 melanjutkan perjalanannya dengan menyeberang Sungai Segara Anakan Kampung Laut dari Dermaga Majingklak Pangandaran menuju Dermaga Seleko,  Kabupaten Cilacap, Rabu (30/8/2017).

Namun di tengah perjalanan perahu yang ditumpangi Tim dan Rombongan GTPN mengalami masalah mesin dan mogok ditengah-tengah sungai selama 2 jam. Terpaksa acara penyambutan yang akan dilakukan oleh Pemda Kabupaten Cilacap mundur dari jadwal.

Ratusan komunitas sepeda Kabupaten Cilacap pun dengan setia menunggu sampai semua tim dan rombongan sampai di Dermaga Seleko.

Sambutan dan antusias mereka sebanyak 200 pegowes sebagai penyambutan komunitas sepeda terbanyak sejak di Jakarta sampai saat ini. Hal ini memberikan semangat bagi atlit sepeda GTPN untuk melanjutkan perjuangan mencetak rekor MURI 5000 Km sebagai Touring Kelompok Terpanjang.

Perjalanan dari Sabang di 0 Km melalui sampai di Wilayah Kab. Cilacap ini, Tim GTPN sudah menuntaskan 6 Etape dan  memasuki wilayah Kab. Cilacap ini, Tim tengah menjalani Etape ke 7 yakni rute Jakarta-Bandung-Yogyakarta.

Berbagai kendala dan hambatan di tuoring ini, bagi duta olahraga merupakan bagian dari bumbu penyemangat Tim GTPN dalam menjalankan Misi dan Visi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam mengkampanyekan  #AyoOlahraga dan menjalin persatuan dan kesatuan bangsa melalui olahraga serta mempromosikan pesona wisata dan budaya di setiap daerah yang mereka singgahi.

Seperti yang diharapkan Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamudji dalam acara penyambutan sekaligus pelepasan Tim GTPN menuju Wilayah Kabupaten Banyumas. “Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke 72, Gowes Touring Pesona Nusantara Sukses Bangga Mbangun Desa sebagai ajang mempromosikan wisata Kabupaten Cilacap dan memotivasi masyarakat untuk gemar berolahraga dan bergowes menikmati pesona alam yang indah,” kata Bupati optimis.

Di Kecamatan Sampang Kab. Cilacap, Tim dilepas Kadispora Cilacap  Murniyah dan disambut oleh Kadispora Banyumas dan selanjutnya rombongan dikawal oleh patwal dari Polres Banyumas menuju Pendopo Kab. Banyumas sejauh 25 km.

Disambut oleh Asisten Daerah Bidang Kesra, Kab.  Banyumas Sriyono,  di Pendopo Kabupaten Banyumas,  dan selanjutnya rombongan menuju Hotel Dominic sejauh 4 km dari pendopo untuk menginap.

Sepanjang perjalanan menuju pendopo, riders disuguji pemandangan indah hutan, danau dan sawah dengan perbukitan yang menghijau dengan didampingi komunitas sepeda dari Banyumas  yang mampu mengimbangi speed yang kencang saat jalan menurun.

Saat di Kecamatan Sampang tim dan rombongan pun disuguhi kuliner tradisonal seperti, tiwul, ketela goreng kacang rebus, makanan cipuk yang bebahan singkong yang direbus dengan rempah gurih lalu di goreng.

Sesampainya di Pendopo Banyumas,  disuguhi pula hidangan khas Purwokerto Sroto yang merupakan soto khas Banyumasan.

Setelah menyusuri ramainya jalanan di Kota Banyumas,  Tim GTPN akhirnya berhasil menembus kemacetan jalan di Banyumas, sesampainya di Pendopo Kab Banyumas diterima Asisten Bidang Kesra, Sriyono, sembari memberi ucapan selamat datang di Kab. Banyumas, yang dikenal dengan jargon sebagai Republik Ngapak.

Salah satu pegowes dari Komunitas Sepeda Banyumas,  Ardi mengaku senang dengan kehadiran Tim GTPN 2017 yang singgah di Kab.  Banyumas. “Karena dengan bersepeda kita ikut turut serta mengkampanyekan Ayo Olahraga, karena bisa menyambung tali silaturahmi antar sesama, ” ujar Ardi.

Tim GTPN 2017 ini tengah menempuh perjalanan Etape 7 dan 8  dari  Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah  dengan melewati kota dan wilayah : Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Pamengpeuk, Batu Karas, Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo, Yogyakarta, Wonosari, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ungaran, Semarang, Bandungan, Ambarawa, Kopeng dan Magelang.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara ( GTPN) ini sudah menjelajah lebih dari 4300 km sejak 13 Mei 2017 yang dimulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan yang nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA
Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari BALIGE menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km
Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km
Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km
Etape 5 – Dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km
Etape 6 – Dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.
Etape 7 – Dalam perjalanan dari Jakarta menuju Yogjakarta dengan jarak tempuh 781 km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017  merupakan bagian kegiatan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang, untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama touring dibawa dan disatukan  di Kota Magelang Jawa Tengah dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Team GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlit muda kita, eks atlit dan dari komunitas sepeda. Dari awal Tim ini juga didampingi oleh perwakilan Kemenpora yang mengikuti dan mensupport para duta olah raga kita ini dalam menjalankan misi nya.

Para Riders atau pejuang dan duta Olah Raga  kami perkenalkan satu persatu :

1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang
2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang
3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar
4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta
5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar
6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim
7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng
8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi
9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim
10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim
11. Agus Widodo, Kediri, Jatim
12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar
13. Yeppy Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan
14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar
15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta.
16. Budi Yakin sebagai Ketua Team Riders – Bekasi.@sofie