LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur yang juga bakal calon gubernur Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti, makin intensif bertemu dengan seluruh lapisan masyarakat.

Bertempat di Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jumat (01/08/2017) malam, La Nyalla menemui 600 anggota Pramuka dari berbagai daerah di Jatim dalam acara perkemahan rutin Gugus Darma Pramuka.

“Alhamdulillah, ini merupakan kehormatan tersendiri bagi saya berada di tengah kakak kakak sekalian, para anggota Pramuka yang telah teruji rasa kebangsaan dan kontribusinya bagi Tanah Air,” kata La Nyalla dalam sambutannya.

Gugus Darma Pramuka sendiri adalah perhimpunan yang terbuka bagi setiap orang dewasa, baik yang pernah maupun belum pernah menjadi anggota Gerakan Pramuka. Gugus Darma Pramuka dibentuk untuk memberi wadah bagi masyarakat yang ingin membantu dan mengembangkan kepramukaan, tetapi yang bersangkutan tidak menjabat sebagai pengurus organisasi dan tenaga pendidik/guru.

Menurut La Nyalla, meski tidak menjadi pengurus Kwartir, Gugus Darma Pramuka tetap mempunyai peran penting dalam memajukan Gerakan Pramuka. “Saat ini kita butuh sebanyak mungkin pihak untuk menjaga dan mengembangkan generasi muda, antara lain lewat Gerakan Pramuka. Pramuka harus dikembangkan dengan cara-cara kreatif, out of the box, dan itu perlu ide kakak kakak semua,” ujar La Nyalla.

Ke depan, lanjuta La Nyalla, Pramuka harus didesain sebagai garda depan pengembangan generasi muda. Negara harus hadir memastikan hal itu terwujud.

“Sejak sebelum negeri ini berdiri, gerakan kepanduan punya jasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sebagai calon gubernur, saya bertekad, Pemprov Jatim ke depan harus mengutamakan Pramuka sebagai ujung tombak membentuk generasi muda yang unggul, berdaya saing, dengan tetap berlandaskan pada dimensi keagamaan,” ujarnya.

“Selama ini Pramuka hanya berisi kegiatan yang, mohon maaf, bisa dikatakan formalitas. Bikin konser, hura-hura. Semestinya bisa dibikin yang lebih berguna membentuk mental dan pengetahuan generasi muda, seperti pelatihan teknologi informasi dan kewirausahaan. Undang pengusaha besar, masuk ke Pramuka Jatim dan menjadi mentor anggota-anggota Pramuka sehingga menjadi pengusaha sukses yang berjiwa nasionalis,” pungkas La Nyalla.

Dalam kesempatan itu, La Nyalla mengikuti acara api unggun dan bernyanyi bersama ratusan anggota Pramuka.@LI-13