Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jadi Presiden Singapura, Halimah Yacob dulunya jual nasi padang pakai gerobak
Halimah Yacob besok resmi dilantik menjadi Presiden Singapura
ASIA

Jadi Presiden Singapura, Halimah Yacob dulunya jual nasi padang pakai gerobak 

LENSAINDONESIA.COM: Halimah Yacob besok Rabu (13/9/2017), bakal menjadi Presiden Singapura perempuan pertama dari kalangan minoritas Muslim Melayu negeri tersebut.

Dilansir dari laman Straits Times, Selasa (12/9/2017), perjalanan karir Halimah Yacob untuk menjadi Presiden Singapura tidak dilalui dengan mudah. Dia juga mengalami masa-masa sulit bersama dengan keluarganya.

Halimah Yacob lahir di Queen Street. Dia anak terakhir dari lima bersaudara dari orangtua keturunan Melayu. Pada tahun 1962, ayahnya yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga keamanan meninggal dan tugas mencari nafkah otomatis digantikan oleh sang ibu.

Ibunya kemudian berjualan nasi padang menggunakan gerobak dorong di sekitar Jl Shenton untuk menghidupi anak-anaknya sebelum akhirnya mampu membeli sebuah kios. Halimah Yacob yang saat itu masih berusia 8 tahun sering ikut membantu ibunya bersih-bersih, mencuci piring, membersihkan meja dan melayani para pelanggan.

Namun Halimah Yacob tetap bersemangat sekolah di Singapore Chinese Girls School. Dia menjadi satu dari sedikit murid keturunan Melayu di sana. Dia lalu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Singapura dan mengambil jurusan hukum.

Setelah lulus, Halimah Yacob bergabung dengan National Trades Union Congress (NTUC) sebagai pegawai bidang legal. Dia menghabiskan waktu 30 tahun sebelum akhirnya ditunjuk menjadi Wasekjenl.

Perdana Menteri Goh Chok Tong yang melihat potensinya kemudian mendesak Halimah Yacob terjun ke dunia politik. Karirnya berkembang pesat dan pada 2011 ditunjuk sebagai Menteri Negara di Kementerian Pengembangan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga. Kemudian pada 2013, ditunjuk sebagai perempuan pertama Ketua Parlemen Singapura.

Pada 2017, Halimah memberanikan diri maju dalam pemilihan presiden dan berhasil menang pada 11 September. Rabu (13/9/2017), Halimah Yacob akan dilantik sebagai Presiden Singapura perempuan pertama dari kalangan minoritas Muslim Melayu. @LI-15

Baca Juga:  Halal Institute: Persoalan tarif, Kenapa KMA 982 beri wewenang tunggal ke MUI?