LENSAINDONESIA.COM: Krisis kemanusiaan yang menimpa Muslim Rohingya terus menuai dampak luas. Hingga kini, setidaknya jumlah pengungsi Rohingya yang melintasi perbatasan Myanmar menuju Bangladesh mencapai setengah juta orang. Kendati gelombang pengungsi mulai surut, namun jumlah pengungsi Rohingya diperkirakan masih akan bertambah.

Keluarga besar Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar mengadakan Aksi Solidaritas
Rohingya yang dikoordinir LAZ Al Azhar. Kepala Divisi Program LAZ Al Azhar, Iwan Rahmat mengatakan dalam menangani pengungsi Rohingya, LAZ Al Azhar bersinergi dengan seluruh lembaga yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ).

“Hari ini, LAZ Al Azhar menyalurkan dana tahap 1 sebesar Rp 300 juta dan akan disalurkan tahap berikutnya melihat perkembangan dari tim yang ditugaskan untuk menyesuaikan jenis bantuannya. Dana yang terkumpul dalam Aksi Solidaritas ini berasal dari masyarakat umum dan murid-murid sekolah Al Azhar”, jelas Rahmat di Jakarta sebagaimana rilis diterima LENSAINDONESIA, Jumat (29/9/2017).

Pada Jumat (29/9/2017), YPI Al Azhar Jakarta melepas Amil LAZ Al Azhar, Iwan Rahmat untuk terbang menuju Bangladesh bergabung dengan tim kemanusiaan FOZ membantu para pengungsi Rohingya.

“Selain fokus terhadap permasalahan sosial didalam negeri seperti kemiskinan,
pengangguran dan bencana, dalam kiprahnya LAZ Al Azhar juga berperan secara
aktif dalam isu kemanusiaan luar negeri seperti yang tengah dialami Muslim Rohingya saat ini,” tutup Rahmat. @licom

‎