Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Polisi Spanyol tembaki warga Catalan yang ikut referendum
Polisi mengepung warga Catalan yang akan mendatangi lokasi pemungutan suara di Catalan
HEADLINE GLOBAL

Polisi Spanyol tembaki warga Catalan yang ikut referendum 

LENSAINDONESIA.COM: Polisi Spanyol melepaskan tembakan peluru karet ke kerumunan warga yang akan menyalurkan suaranya dalam referendum Catalan, Minggu (1/10/2017).

Sejumlah saksi mengatakan, polisi menembaki para demonstran di Barcelona untuk mencegah warga mendatangi lokasi pemungutan suara. Dilansir laman telegraph, sedikitnya 38 orang dilaporkan tewas dalam peristiwa ini.

Rekaman video wartawan di lapangan memperlihatkan polisi melepaskan tembakan peluru karet di tengah kerumunan di luar TPS Ramon Llull di Barcelona.

Seperti diketahui, ribuan demonstran memadati jalanan untuk mengikuti referendum yang dilarang pemerintah Spanyol. Polisi dilaporkan juga menyita kotak suara yang sudah disiapkan.

Pemerintah Catalan mengajak sekitar 5,3 juta warganya mengikuti referendum yang dianggap ilegal pemerintah pusat Spanyol. Dalam kertas suara hanya ada satu pertanyaan. “Apakah Anda ingin Catalonia menjadi negara merdeka dalam bentuk republik?” Di bawahnya ada dua kotak pilihan jawaban Ya dan Tidak.

Pemerintah Catalan sendiri berjanji akan mendeklarasikan kemerdekaan jika pemilih ‘YA’ memenangkan referendum ini @LI-15

Baca Juga:  Ratih ditahan, Lucy Kurniasari ditunjuk jadi Plt Ketua Partai Demokrat Surabaya