Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ratusan orang terluka dalam bentrok di Barcelona
TERKINI

Ratusan orang terluka dalam bentrok di Barcelona 

LENSAINDONESIA.COM: Setidaknya 337 orang terluka akibat bentrokan polisi dengan warga Katalan, Barcelona yang tengah menggelar referendum independen. Pemerintah Spanyol menyatakan pengadilan memutuskan referendum itu ilegal sehingga harus dihentikan.

Polisi pun mencegah warga untuk memberikan suara pada Minggu (1/10/2017) pagi. Polisi bahkan tak segan menembak menggunakan peluru karet saat protes pro-referendum digelar.

Terus bertambahnya jumlah korban dikonfirmasikan juru bicara Katalonia. Adapun 11 polisi juga terluka, kata pejabat Kementerian Dalam Negeri Spanyol.

Deputi Perdana Menteri Spanyol Soraya Saenz de Santamaria memuji polisi “bertindak profesional dan proporsional”.

Surat suara hanya berisi satu pertanyaan: “Apakah Anda ingin Katalonia menjadi negara merdeka dalam bentuk republik?” Ada dua kotak: Ya atau Tidak.
Katalonia, wilayah kaya dengan penduduk 7,5 juta orang di timur laut Spanyol memiliki bahasa dan budayanya sendiri, dan menikmati otonomi tingkat tinggi, namun tidak diakui sebagai negara sendiri dalam konstitusi Spanyol.
peta katalonia
Tekanan untuk melakukan penentuan nasib sendiri meningkat selama lima tahun terakhir namun pada pemilihan regional 2015, yang dimenangkan oleh sebuah aliansi partai pro-kemerdekaan, sekitar 40% pemilih mendukung partai-partai yang loyal kepada Spanyol.
Tapi Madrid berpendapat Katalonia sudah menikmati otonomi luas, seperti yang diberlakukan untuk daerah lain seperti Basque dan Galicia.@licom

Baca Juga:  Lengkapi berkas pendaftaran, Vinsensius Awey serius maju Pilwali Surabaya melalui NasDem