LENSAINDONESIA.COM: Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo mengakui bahwa Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bakal ikut meramaikan bursa pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Hal ini dikatakan setelah Khofifah resmi mengambil formulir Cagub lewat DPD Partai Demokrat Jatim.

“Iya sudah ambil (formulir Cagub) di DPD kemarin (Sabtu) malam,” ungkap pria yang akrab disapa Pakde Karwo pada LICOM, Minggu (1/10/2017).

Namun sayang, dirinya mengaku tak ada di tempat saat Khofifah mengambil formulir Cagub ke kantor Demokrat Jatim di Jalan Kertajaya Indah Surabaya, Sabtu (30/9/2017) malam).

“Yang menerima ada teman-teman panitia,” imbuhnya singkat.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Desk Pilkada sekaligus Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio juga membenarkan hal itu. Khofifah telah mengambil formulir saat hari terakhir perpanjangan waktu pendaftaran Cagub-Cawagub yang diberikan oleh DPP Partai Demokrat.

“Iya betul Bu Khofifah sudah ambil formulir di partai kami (Demokrat). Saya yang menerima, dari pihak beliau yang mengambilkan formulir adalah tim resminya dengan menyertakan surat kuasa dari Bu Khofifah. Mereka berjumlah dua orang, datang ke DPD sekitar jam 19.00 WIB,” tambah Renville.

Pihaknya menegaskan dengan berakhirnya masa perpanjangan pendftaran yang diminta DPP ini, maka pihak Khofifah dipersilahkan mengembalikan formulir pendaftaran Cagub kepada DPP Partai Demokrat di Jakarta.

“Intinya kami telah melaksanakan perintah DPP untuk kembali membuka pendaftaran dan yang daftar terakhir hanya beliau (Khofifah). Untuk selanjutnya, pengembalian formulir silahkan langsung komunikasi dengan DPP, entah diterima atau tidak yang memutuskan DPP,” cetus pria yang juga Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim ini.

Hingga saat ini total calon yang telah mendaftar di Demokrat Jatim ada 6 orang. Yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul), La Nyalla M Mattalitti, Nurwiyatno, Nurhayati Ali Assegaf dan Kombes Pol Syafiin yang mendaftar di tahap pertama beberapa bulan lalu. Terakhir yang mendaftar di tahap kedua yaitu Khofifah Indar Parawansa.

Dengan mendaftarnya Khofifah di Demokrat, maka bisa dipastikan wanita yang juga Ketua PP Muslimat NU tersebut siap kembali bertarung untuk ketiga kalinya di Pilgub Jatim 2018. Di dua periode sebelumnya, Khofifah bersaing ketat dengan pasangan incumbet Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa), namun pada akhirnya Khofifah kalah di putaran ketiga.

Terkait koalisi parpol, sejumlah kabar menyebutkan bahwa akan ada beberapa koalisi di Pilgub. Diperkirakan akan ada tiga koalisi besar, mulai dari PDIP-PKB yang digadang-gadang sudah hampir pasti akan mengusung Cagub Saifullah Ysuusuf (Gus Ipul). Sedangkan Demokrat dikabarkan akan bersatu dengan Golkar, PPP, NasDem juga Hanura mengusung nama Khofifah Indar Parawansa.

Sedangkan Partai Gerindra, PKS dan PAN santer terdengar bakal mengusung Cagub sendiri. Namun hingga saat ini ketiga parpol belum menyebut siapa Cagub yang bakal diusung melawan Gus Ipul dan Khofifah di Pilgub Jatim 2018 mendatang.@sarifa