Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Rencana pembangunan gedung baru DPRD Surabaya akan dilakukan tahun ini. Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Erick Cahyadi, Eri Cahyadi mengatakan akan menyampaikan rencana desain bangunan kepada DPRD Surabaya.

“Pembangunan berupa gedung tujuh lantai dengan anggaran Rp59 milyar. Kita rencanakan tahun ini sudah dilaksanakan,” kata Eri Cahyadi kepada wartawan, Selasa (10/10/2017).

Menurut Eri, perencanaan gedung DPRD melibatkan Tim Cagar Budaya. Karena itu bentuk desain asli bangunan dahulu menjadi rekomendasi sebagai desain proyek. Berdasarkan sejarah, antara gedung DPRD dengan Masjid terdapat selasar, sementara pada zaman dahulu justru tak ada.

Sementara untuk rruang antara gedung dewan dan masjid akan difungsikan sebagai tempat terbuka seperti jaman dahulu. Namun, di area tersebut akan dilengkapi dengan kursi dan air mancur.

“Jadi kita kembalikan posisinya seperti dahulu,” jelas mantan Kabag Bina Program ini.

Diketahui, rencana pembangunan gedung baru DPRD Surabaya kapasitas bangunan lama tidak cukup. “Kalau ada hearing ngundang masyarakat gak cukup, sampai mereka ada yang nunggu di luar,” paparnya.@wan