Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa sembilan saksi terkait kasus gratifikasi Bupati Kukar, RIW. Pemeriksaan itu dilakukan di Mapolresta Malang, Selasa (17/10/2017).

Jubir KPK, Febri Diansyah mengakui adanya pemeriksaan tersebut. “Hari ini memang diagendakan pemeriksaan terhadap 11 saksi,” kata dia.

Pemeriksaan itu, lanjut dia, untuk mendalami kasus indikasi gratifikasi terhadap Bupati Kukar dengan tersangka RIW. Dia menjelaskan bahwa dua saksi diperiksa di kantor KPK di Jakarta.

Sedangkan sembilan saksi lainnya diperiksa di Polres Kota Malang. Menurut dia, pemeriksaan terhadap sembilan saksi di Kota Malang dilakukan karena kediaman para saksi di Malang.

“Unsur saksi yang diperiksa mulai dari direksi dan karyawan PT CGA. Penyidik mendalami informasi terkait indikasi pemberian gratifikasi terhadap tersangka RIW sebagaimana diatur di Pasal 12B,” papar dia.

Sementara itu, Direktur Property PT CGA, Hery Mursyid sudah menjalani pemeriksaan, Di sela-sela pemeriksaan dia sempat minta istirahat.

Kala istirahat kepada wartawan dia mengakui bila diperiksa terkait kasus Bupati Kukar. “Saya ditanya terkait kasus di luar Jawa, masalah Bupati Kukar,” papar dia.

Pengembangan penggalian informasi lain. Itu kegiatan perusahaan di Kukar. Dia mengakui bila memiliki beberapa pekerjaan di sana.

Meski begitu, dia membantah bila terlibat kasus gratifikasi yang disangkakan pada Bupati Kukar, RIW. “Ya mungkin KPK cari informasi lain,” katanya. @aji