Komisoner KPU Surabaya, Purnomo Satriyo Pringgodigdo memberikan keterangan pedaftaran Pemilu. Foto: Istimewa
Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya resmi menutup pendaftaran partai politik peserta pemilu. Meski begitu, KPU Kab/Kota masih bisa menerima pendaftaran susulan dengan waktu 1 x 24 jam. Artinya hanya sampai hari ini (17/10/2017) pukul 24.00 wib.

Informasi ini disampaikan Komisoner KPU Surabaya, Purnomo Satriyo Pringgodigdo bahwa pihaknya masih bisa menerima perbaikan berkas dari partai calon peserta Pemilu dengan batas waktu 1 x 24 jam.

“Ya bener, pendaftaran memang ditutup di tingkat KPU pusat Senin kemarin tanggal 16/10/2017 pukul 24.00 wib. Tapi sesuai SE masih ada kesempatan sampai hari ini (17/10/2017) pukul 24.00 wib,” tegas Purnomo.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini mengatakan, jika mengacu kepada SE, berkas partai yang telah melakukan pendaftaran ke KPU Surabaya terganjal soal data kesesuaian antara KTP dan KTA.

“Rata rata sih memang tidak sesuainya jumlah KTP dan KTA dengan aplikasi Sipol yang diinput ke KPU RI,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Purnomo juga membagi informasi soal 13 Partai Politik yang telah terdaftar sampai batas waktu yang ditentukan. Dari daftar tersebut, tidak terdapat nama Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) yang menyerahkan berkas kelengkapan peserta Pemilu.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Surabaya Syamsul, dan Sekretari Satuham sampai hari ini belum memberikan respon ketika dikonfirmasi.@wan

Partai-partai ini dinilai telah menyerahkan salinan bukti keanggotaan sampai paling tidak 1000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk, antara lain:

1. PARTAI PERSATUAN INDONESIA (PERINDO)
2. PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDIP)
3. PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS)
4. GERAKAN PERUBAHAN INDONESIA (GARUDA)
5. PARTAI NASIONAL DEMOKRAT (NASDEM)
6. PARTAI HATI NURANI RAKYAT (HANURA)
7. PARTAI DEMOKRAT (PD)
8. PARTAI GOLONGAN KARYA (GOLKAR)
9. PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN)
10. PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA (PKPI)
11. PARTAI BERKARYA
12. PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA (GERINDRA)
13. PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP)