Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kemensos usulkan 9 nama calon penerima gelar Pahlawan Nasional
Menteri Sosial Khofifah Indar Parwansa. FOTO: rmol
HEADLINE UTAMA

Kemensos usulkan 9 nama calon penerima gelar Pahlawan Nasional 

LENSAINDONESIA.COM: Kementerian Sosial mengusulkan sembilan nama tokoh untuk menerima gelar pahlawan nasional.

Pemberian gelar rencananya akan dilaksanakan pada 2017 ini.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sembilan nama tokoh ini berasal dari delapan provinsi berbeda.

“Hari ini saya sudah menerima laporan hasil pembahasan Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) terhadap usulan sembilan calon pahlawan nasional tersebut,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Menurut Khofifah, usulan ini telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Kemensos dibantu TP2GP dalam membahas usulan tersebut.

Hasil pembahasan TP2GP tersebut akan diteruskan kepada Presiden melalui Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. TP2GP sendiri terdiri dari 13 orang. Anggotanya meliputi perwakilan unsur TNI, Polri, Perpustakaan Nasional, Kementerian Sekretariat Negara, dan sejarawan.

Selain kesembilan nama baru tersebut, Kementerian Sosial akan menyampaikan kembali tokoh-tokoh yang sebelumnya pernah diusulkan sebagai pahlawan nasional. Nama mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan pendiri PB HMI Lafran Pane masuk di dalamnya.

“Gelar pahlawan nanti yang menentukan Presiden Jokowi. Sementara penganugerahannya akan dilakukan sebagai rangkaian Hari Pahlawan 10 November,” tutur Khofifah.@LI-13

Baca Juga:  JAPFA Comfeed ekspor 40 ton pakan ternak ke Timor Leste