LENSAINDONESIA.COM: Bakal calon gubernur (Bacagub) di Pilgub Jawa Timur 2018 Saifullah Yusuf mulai merapatkan barisan bersama partai pengusungnya, PDIP. Gus Ipul (sapaan akrab Saifullah Yusuf) menemui pengurus PDIP Jawa Timur di Kantor DPD PDIP Jawa Timur, Jalan Kendangsari Industri Surabaya, Rabu (19/10/2017) malam.

Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi mengatakan ini pertemuan formal untuk pertama kalinya dengan Gus Ipul pasca pengumuman resmi koalisi antara PDIP-PKB mengusung Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas di Pilgub 2018.

“Ini pertama kalinya pertemuan formal dengan Gus Ipul, pasca pengumuman oleh Ketum Bu Mega untuk koalisi bersama. Gus Ipul berterima kasih kepada kita dan juga merapatkan teknis pemenangan, bagaimana gerakan partai. Dan tambahan masukan dari Gus Ipul terkait daerah-daerah mana yang menjadi basis maupun yang bukan, ini akan kita terus perkuat,” ujarnya pada LICOM.

Tak hanya itu, rapat tadi malam juga sempat membahas tim kampanye pasangan Gus Ipul-Anas. Yang disepakati menjadi ketua tim sukses yaitu Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar dan sekretarisnya yaitu Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari.

“Usulan Gus Ipul yang ketua (tim pemenanagan) dari PKB, karena memang suaranya lebih banyak. Mungkin Gus Halim (Halim Iskandar) sendiri yang jadi ketua timsesnya. PDIP kebagian sekretaris yaitu Bu Untari (Sri Untari). Saya tidak masuk dalam wilayah itu karena perhitungan praktis kita, Pilgub ini bersamaan dengan persiapan Pileg dan Pilpres. Saya berada di tim reguler yang punya tanggung jawab konsolidasi pada seluruh kekuatan PDI Perjuangan,” tegas pria yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Disinggung kapan deklarasi resmi akan digelar antara PKB-PDIP, pihaknya mengaku belum bisa memastikan. Sebab masih harus dibicarakan dengan DPW PKB Jatim. Targetnya bulan Oktober ini, namun kalau harus mundur hingga awal November mendatang.

Adakah parpol lain yang akan ikut gabung koalisi bersama PKB-PDIP di Pilgub Jatim 2018, Kusnadi tak membantahnya. “Ada juga partai lain kita komunikasi, tapi nampaknya sinyal ingin bergabung datang dari beberapa parpol dan yang sudah bicara dengan saya dan Bu Untari ada tiga parpol,” tukas Kusnadi.

Sementara, Gus Ipul menjelaskan kedatangannua ini untuk mematangkan semua persiapan jelang pertarungan di Pilgub Jatim 2018. Termasuk memulai menyusun strategi dan tim pemenangan bersama parpol koalisinya.

“Ini tindak lanjut peengumuman resmi yang dilakukan oleh Bu Mega di Jakarta. Kita menyusun strategi, bagi-bagi tugas, mempertajam gerak di lapangan. Intinya kami mohon bantuan dan dukungan teman-teman DPD (PDIP Jatim). Ini nggak hanya soal meraih menang tapi juga mengelola pemerintahan dengan baik. Karena itu perlu merumuskan elaborasi, visi misi, prog untuk disosialisasikan ke masyarakat,” katanya.

Soal ada parpol lain yang merapat kepada dirinya, Gus Ipul membenarkannya. “Iya komunikasi jalan terus, ada beberapa partai yang kita coba untuk pertajam. Tapi semua itu belum bisa saya sampaikan karena itu wewenangnya pimpinan parpol. Tapi sudah ada memang,” tutup Wagub Jatim dua periode ini.@sarifa