Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Diundang Pangab AS, Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kanan) saat di Hangar Skadron Udara II Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (PUSPEN TNI)
HEADLINE UTAMA

Diundang Pangab AS, Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat 

LENSAINDONESIA.COM: Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ditolak memasuki wilayah Amerika Serikat. Padahal, keberangkatannya ke Negeri Paman Sam itu karena diundang Pangab Amerika Serikat Jenderal Joseph F. Durford, Jr.

Rencananya, Panglima TNI akan menghadiri acara Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization (VEOs) yang akan dilaksanakan tanggal 23-24 Oktober 2017 di Washington DC. Saat akan berangkat, ada pemberitahuan dari US Custom and Border Protection bahwa rombongan dilarang memasuki wilayah Amerika Serikat.

“Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta isteri dan delegasi telah mengurus visa dan administrasi lainnya untuk persiapan keberangkatan, kemudian pada Sabtu 21 Oktober 2017, Panglima TNI siap berangkat menggunakan maskapai penerbangan Emirates, namun beberapa saat sebelum keberangkatan ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan bahwa Panglima TNI beserta delegasi tidak boleh memasuki wilayah AS oleh US Custom and Border Protection,” tutur Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (22/10/2017).

Dia menjabarkan jika Panglima TNI mendapat undangan secara resmi yang dikirim oleh Pangab Amerika Serikat Jenderal Joseph F. Durford, Jr. Surat ini dibalas dengan konfirmasi kehadirannya sebagai bentuk penghargaan dan perhatian. “Panglima TNI mengirim surat balasan tersebut, karena menghormati Jenderal Joseph F. Durford, Jr. yang merupakan sahabat sekaligus senior Jenderal TNI Gatot Nurmantyo,” kata Mayjen TNI Wuryanto.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto mengatakan bahwa terkait peristiwa ini, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo telah lapor kepada Presiden RI melalui Ajudan, Menteri Luar Negeri dan Menkopolhukam serta berkirim surat kepada Jenderal Joseph. F. Durfort Jr., dan saat ini masih menunggu penjelasan atas insiden ini.

“Kepergian ke Amerika atas undangan Pangab dan atas hubungan baik dua negara serta hubungan baik antara Pangab Amerika dan Panglima TNI, oleh sebab itu Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta isteri dan delegasi memutuskan tidak akan menghadiri undangan Pangab Amerika Serikat sampai ada penjelesan resmi dari pihak Amerika,” tegas Kapuspen TNI.