LENSAINDONESIA.COM: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa makin mantap maju di Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Adapun wakil yang mendampingi akan diambil dari kalangan nasionalis.

Hal disampaikan Khofifah dalam Dialog Nasional dan penyerahan bantuan PKH di Ponpes Amanatul Ummah, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Minggu (22/10/2017). Dikatakannya para kiai menyepakati untuk mengusung duet santri nasionalis.

“Dari kalangan santrinya saya. Lalu nanti ada dari kelompok nasionalis,” terang Khofifah.

Pemilihan calon pendamping memang diserahkan kepada Khofifah. Namun setidaknya ada delapan nama yang ditawarkan para kiai kepada Ketua Muslimat NU itu. Mereka ada yang berasal dari tokoh partai hingga bupati dan mantan bupati.

Salah satu nama yang dikabarkan mendampingi Khofifah ialah Bupati Trenggalek Emil Dardak. Selain itu juga muncul nama Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni yang dikabarkan baka digandeng Khofifah. Mantan Bupati Ngawi Harsono juga dikabarkan bakal dipilih Khofifah.

“Para kiai yang menentukan. Sudah ada beberapa kali pertemuan. Kita tunggu saja secepatnya akan muncul nama,” tambahnya.

Lebih lanjut, ditanya soal partai pengusung Khofifah menegaskan sudah cukup. Namun dia mengharapkan Nasdem dan PPP ikut bergabung.

Selain Khofifah, sudah ada pasangan calon Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas yang diusung PDIP dan PKB. @snd/licom