LENSAINDONESIA.COM: Penggurus Provinsi (Pengprov) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Timur mengaku puas atas prestasi yang diraih atlet-atlet tarung derajat selama bertanding di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 kemarin yang sukses meraih 1 medali emas dan tiga perunggu.

Dengan modal ini, Kodrat Jatim siap bertarung di event nasional PON 2020 mendatang.

“Jadi Tarung Derajat sendiri kemarin di Popnas kita sudah berhasil, karena kita baru pertama kali bertanding, Jawa Timur bisa meraih 1 mendali emas dan 3 perunggu,” kata Ketua Harian Pengprov Kodrat Jatim, Erwin H Poedjono, di Surabaya, Senin (23/10/2017).

Selain masih baru mengikuti event Popnas, pihaknya juga belum memahami atau belum bisa mengukur kekuatan lawan. Menginggat ada daerah-daerah yang memang lebih tua (membina atlet tarung derajat) sebelum Jawa Timur.

“Pembinaan yang prestasinya terus terang lebih bagus. Tidak itu saja faktor tuan rumah sendiri Jawa Tengah dan Jawa Barat. Itu semua di atas kita untuk di Popnas, tapi kita bisa mendapatkan mendali Popnas,” ujarnya.

Selain itu Erwin menuturkan, pihaknya menargetkan pada Popnas hanya 1 atau 2 emas. “Dalam bayangan kita satu emas harus, tapi kalau bisa 2 emas. Ternyata masuk target kita, target di seni gerak memang sebenarnya kita kita baru pertama kali ikut baru pertama kali punya sebenarnya kita ingin juga memberikan jam terbang saja. Untung saja anak-anak bisa tampil lebih baik konsentrasinya bagus beberapa tampil ternyata bisa mendapatkan perak,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Tampil dengan bisa meraih medali emas, perak maupun perunggu sudah sangat bagus.

“Kita bisa mengalahkan Jawa Barat sebagai pusat atau asal dari Tarung drajat, dan kita kalah tipis dari tuan rumah. Kebetulan tuan rumah juga mempersiapkan seni gerak dan mendatangkan pelatih dari Jawa Barat,” jelasnya.

Walaupun begitu, hasil yang dicapai atlet pada Popnas ini nantinya akan diikutkan pada kejurnas. “Karena usianya masih SMA kita melihat ada suatu sedikit lah yang kita bisa bawa untuk ke Kejurnas nanti,” paparnya.@fredy