Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Bank Jatim raih laba bersih Rp 1 triliun
(tengah) Suudi, Direktur Korporasi dan Menengah Bank Jatim. Foto-ist
EKONOMI & BISNIS

Bank Jatim raih laba bersih Rp 1 triliun 

LENSAINDONESIA.COM: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) raih pertumbuhan revenue 21,18 persen dibanding periode yang sama ditahun lalu, nilai ini merupakan pencapaian laba bersih sebesar Rp1,01 triliun per September 2017 lalu.

Suudi, Direktur Korporasi dan Menengah Bank Jatim mengatakan, peningkatan laba tersebut dikontribusi oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) sebesar 3,38% menjadi Rp2,62 triliun.

Detailnya, pendapatan bunga Bank Jatim menurun sebesar 0,38% menjadi Rp3,58 triliun. Namun, di sisi biaya bunga juga turun 9,37% menjadi Rp962 miliar.

“Pendapatan dari bunga kami akui menurun sedikit namun biaya bunga turunnya besar sehingga NII nampak meningkat. Selain itu, pencadangan kami juga turun 61,86% dibanding tahun lalu, sehingga laba bersih naik signifikan,” ujar Suudi saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Di lini bisnis, penyaluran kredit emiten bersandi BJTM itu meashi belum sesuai ekspektasi. Hingga kuartal III/2017, total kredit yang disalurkan perseroan sejumlah Rp30,6 triliun atau naik tipis 3,62% yoy.

“Melonjaknya penyaluran kredit disumbang oleh kenaikan di segmen bisnis konsumer sebesar 8,64% yoy. Untuk realisasi di dua segmen utama lain, seperti halnya kredit usaha kecil dan menengah (UKM) dan komersial justru turun. Jadi, total pembiayaan di segmen UKM turun 2,18% (yoy) menjadi Rp3,07 triliun. Lalu untuk kredit di segmen komersial turun 6,94% menjadi Rp6,85 triliun jumlahnya,” pungkas Suudi.@bis,@Licom