Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Parlemen Catalunya akhirnya nekat proklamirkan kemerdekaan
Presiden Catalunya, Carles Puigdemont, setuju wilayahnya memerdekakan diri dari Spanyol
Global

Parlemen Catalunya akhirnya nekat proklamirkan kemerdekaan 

LENSAINDONESIA.COM: Parlemen Negara Bagian Catalunya, memutuskan memproklamasikan kemerdekaan dari Spanyol. Keputusan itu membuat pemerintah Spanyol murka.

Dilansir laman Reuters, Sabtu (28/10/2017), Dewan Legislatif Catalunya memutuskan memproklamirkan kemerdekaan usai menggelar pemungutan suara. Dalam proses pemunguta suara itu, 70 anggota parlemen setuju, 10 menolak dan 2 abstain. Namun sebelum voting digelar, anggota dari fraksi Partai Sosialis, Partai Rakyat dan Partai Ciudadanos memilih keluar ruangan dan tak menggunakan haknya.

Pemerintah Spanyol di Ibu Kota Madrid yang sedari awal menentang keinginan Catalunya memisahkan diri dan menyatakan referendum pada 1 Oktober adalah hal yang ilegal, langsung bergerak.

Perdana Menteri Mariano Rajoy menyatakan pembubaran pemerintahan otonomi dan memecat Presiden Catalunya, Carles Puigdemont beserta seluruh anak buahnya. Kepala kepolisian Negara Bagian Catalunya juga dipecat dan kekuasaan diambil alih pemerintah. Keputusan itu didukung parlemen Spanyol.

“Untuk saat ini kita harus hati-hati dan yakin kalau negara punya perangkat mengatasi masalah ini berdasarkan hukum. Hal itu demi mengembalikan pemerintahan yang sah secara damai dan beralasan, serta menyingkirkan ancaman terhadap demokrasi,” terangnya.

Rajoy menyatakan pengambilalihan pemerintahan Catalunya sesuai dengan Pasal 155 Undang-Undang Dasar Spanyol. Untuk selanjutnya, bakal digelar pemilihan umum di Catalunya pada 21 Desember mendatang. @LI-15

Baca Juga:  BCA kerja sama dengan Ralali.com permudah pembayaran UMKM