LENSAINDONESIA.COM: Berdalih tawarkan untung besar dalam bisnis spare part, Elwin Fransisco Belli (33) asal Kelurahan Air, Bandar Lampung, sukses menipu teman yang dikenalnya via Facebook, Wayan Puspasari, asal Sidoarjo.

Peristiwa bermula saat pelaku yang sudah menyusun rencana jahat, mengirim pesan singkat kepada korban dengan mengatakan ada customer yang hendak membeli barang (spare part). Pertemuan disepakati di KFC Jl Basuki Rahmad Surabaya. Saat itu pelaku dijemput korban menggunakan mobil lalu menuju ke lokasi untuk bertemu pemesan barang.

Dalam perjalanan, pelaku mengeluarkan jurus mautnya dan merayu korban jika dirinya sanggup memberi uang 10% dari pembayaran spare part yang nantinya dibeli customer, andai korban mau bergabung dengan bisnisnya.

Dari obrolan tersebut, korban tertarik untuk ikut berbisnis spare part kendaraan dengan pelaku. Selanjutnya, korban masuk ke dalam KFC untuk membeli makan. Sedangkan pelaku menunggu di mobil yang sudah diparkir.

Namun saat korban balik, ternyata mobil Xenia miliknya sudah raib. Sadar, dirinya ditipu, kasus ini dilaporkan ke Polsek Genteng.

Kapolsek Genteng Kompol Ari Trisetiawan mengatakan, berbekal laporan dari korban, pihaknya langsung melakukan penyelidikan. “Hasilnya, pelaku terdeteksi menuju ke arah Madura. Anggota bergegas melakukan pengejaran dan sukses menangkapnya di Jl Kemayoran, Bangkalan Madura,” ujarnya, Sabtu (28/10/2017).

Kompol Ari menambahkan, saat ditangkap pelaku tak melakukan perlawanan dan mengakui dirinya memang menipu korban demo mendapatkan mobil untuk dijual ke pasar gelap. “Saat kami interogasi, pelaku mengaku nekat menggelapkan mobil korban karena kepepet tidak punya uang,” pungkasnya. @nanda