Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Umumkan kemerdekaan, parlemen Catalunya dibubarkan PM Spanyol
Catalunya
International

Umumkan kemerdekaan, parlemen Catalunya dibubarkan PM Spanyol 

LENSAINDONESIA.COM: Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy membekukan parlemen Catalunya yang mendeklarasikan kemerdekaan negara terkaya di Negeri Matador itu. Dia juga menyatakan akan menggelar pemilihan pada 21 Desember mendatang untuk agar situasi kembali normal.

Dia juga memecat pemimpin Catalunya Carles Puigdemont dan kabinetnya. Rajoy juga mengumumkan pemecatan kepala polisi Catalunya.

Eskalasi politik yang dramatik mengejutkan Eropa ketika parlemen Catalunya setelah sebuah mosi yang menyatakan kemerdekaan disetujui pada Jumat kemarin dengan 70 suara mendukung, 10 menolak dan dua abstain dari 135 kursi di parlemen. Sejumlah politisi Catalunya memboikot pemungutan suara.

Dalam pidatonya, Puigdemont meminta para pendukungnya untuk “mempertahankan momentum” dengan cara yang damai. Separatis mengatakan bahwa langkah tersebut menunjukkan bahwa mereka tidak lagi berada dalam yuridiksi Spanyol.

Tetapi Mahkamah Konstitusi Spanyol menyebutnya sebagai langkah ilegal, sementara Eropa, AS, Inggis, Jerman dan Prancis menyatakan dukungan terhadap persatuan Spanyol.

Sementara itu jaksa Spanyol mengatakan akan mendakwa Puigdemont dalam kasus “pemberontakan” pada pekan depan. @afp/licom

Baca Juga:  KH Masjkur, pejuang “Resolusi Jihad” pimpin Barisan Sabilillah saat perang 10 November 1945